Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Balita Pilek atau Diare Tidak Perlu Obat

Balita Pilek atau Diare
Saat Balita Pilek atau Diare tentu membuat anda sebagai orang tua khawatir dan ingin segera membawa anak ke dokter. Untuk selanjutnya tidak jarang dokter memberikan resep antibiotik, atau bahkan apabila dokter tidak memberikan maka orang tua pasien yang memintanya. Padahal untuk jenis penyakit tertentu, pemberian antibiotik sebagai obat dinilai sebagai tindakan yang berlebihan.

Hal ini diperkuat oleh pernyataan Dokter spesialis anak Purnawati Pujiarto sekaligus aktivis dari Yayasan Orangtua Peduli (YOP) yang mengatakan, apabila balita Pilek atau Diare maka perlu diperiksa penyebabnya. Apakah karena infeksi atau ada penyebab lain. Apabila ditemukan adanya infeksi, maka juga perlu dicari tahu penyebab infeksi apakah oleh virus atau bakteri.

Apabila Balita Pilek atau Diare disebabkan karena virus maka tidak perlu diberikan antibiotik. Hal ini dikarenakan antibiotik tidak mematikan virus, namun mematikan bakteri. Jadi sangat mungkin bakteri baik yang bukan menyebabkan penyakit juga mati akibat antibiotik yang dikonsumsi. Apabila dibiarkan maka lama kelamaan akan menimbulkan resistensi, dan melemahkan daya tahan tubuh anak.

Penyakit Pilek atau Diare pada pada anak, sebenarnya tidak memerlukan pengobatan apalagi antibiotik. Namun Pilek yang dimaksud adalah pilek umum dengan gejala produksi lendir meningkat disertai pusing dan batuk. Sedangkan diare yang dimaksud adalah diare akut yang tidak disertai darah. Obat yang biasa diberikan oleh dokter hanya bertujuan untuk memberikan sedikit rasa nyaman.

Balita Pilek atau Diare adalah hal yang wajar dan umum terjadi, bahkan masih wajar apabila anak usia dibawah 2 tahun juga mengalami pilek dan diare hingga belasan kali. Sakit pada anak balita justru baik untuk sistem pertahanan tubuh lebih kuat. Saat balita Diare, anda hanya perlu memberinya banyak minum agar tidak dehidrasi dan berikan makanan bergizi. Dan saat balita pilek cukupkan istirahatnya, dan jaga jangan sampai terlalu banyak beraktivitas.

Anda sebagai orangtua tidak perlu terlalu khawatirkan mengenai kesehatan anak, apabila mereka ingin bermain tanah atau hujan. Karena perlu anda ketahui, bahwa kegiatan tersebut akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Ringkasan:
  • Balita Pilek atau Diare dengan intensitas normal, atau diare tidak disertai darah tidak perlu pengobatan apalagi antibiotik,
  • Sakit pada anak balita akan memperkuat daya tahan atau kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.
Baca Juga:

Post a Comment for "Balita Pilek atau Diare Tidak Perlu Obat"