Home » , , » Pentingnya Olahraga untuk Penderita Diabetes

Pentingnya Olahraga untuk Penderita Diabetes

Olahraga untuk Penderita Diabetes
Olahraga untuk Penderita Diabetes sangat penting dilakukan, untuk menjaga Kadar Gula Darahnya tetap normal. Bagi anda yang sudah bertahun tahun melakukan pengobatan atau melakukan Diet untuk penyakit Diabetes anda, namun belum juga berhasil bisa jadi karena anda kurang melakukan aktivitas fisik. Olahraga tidak hanya dapat menurunkan gula darah, tetapi juga menurunkan berat badan, tekanan darah, kolesterol jahat (LDL), menaikkan kolesterol baik (HDL), mencegah serangan jantung-stroke,  memperbaiki kualitas tidur, mereduksi stres dan hasil positif bagi kesehatan lainnya.

Penyebab Diabetes adalah faktor usia, genetik, etnis, tingkat aktivitas fisik, berat badan, dan komposisi tubuh. Dan faktor usia, genetik, etnis memang tidak dapat diperbaiki, namun tiga faktor lain, berat badan, tingkat aktivitas fisik dan komposisi tubuh, dapat diperbaiki oleh berolahraga secara teratur.

Adapun dua alasan utama pentingnya olahraga dalam membantu menurunkan gula darah penderita diabetes, adalah:

Olahraga Menurunkan Kadar Gula Darah

Secara alami saat berolahraga tubuh membutuhkan kalori lebih banyak, dan setiap menit Anda berolahraga sedang sampai moderat (jalan, jogging, bersepeda) akan menurunkan gula darah satu poin. Jadi apabila Gula darah Anda saat ini 200 mg/dl, kemudian berolahraga selama 45 menit, maka gula darah akan turun menjadi 155 mg/dl.

Dan bagi anda yang mengalami prediabetes (stadium menunggu waktu menjelang diabetes). Dan anda melakukan jogging selama 30-45 menit perhari, maka risiko menderita diabetes akan jauh berkurang. Berolahraga dan makanan yang sehat mempunyai pengaruh lebih baik mencegah diabetes, dibandingkan penggunaan obat-obatan.

Olahraga Memperbaiki Komposisi Tubuh

Tubuh manusia terdiri dari air, jaringan adiposa (lemak), dan jaringan lain seperti otot, tulang dan lain sebagainya. Dengan berolahraga maka jaringan lemak tubuh akan berkurang, dan meningkatkan massa otot. Hal tersebut mengakibatkan berkurangnya resistensi insulin, dan memperbaiki regulasi gula darah. Jaringan Otot merupakan metabolisme yang aktif dan membutuhkan kalori lebih banyak dibandingkan sel lain. Satu pon otot akan membakar kalori lebih besar dibandingkan dengan jumlah lemak yang sama.

Agar lebih mudah pemahaman, anda bisa menggambarkan tubuh manusia seperti mesin. Rangka mesin itu adalah otot, dan gula darah sebagai bahan bakarnya. Maka semakin besar mesin, maka semakin banyak pula bahan bakar yang diperlukan. Dan semakin aktif mesin bergerak, maka bahan bakar (gula darah) yang dibutuhkan semakin banyak. Selain olahraga aerobik secara teratur, sebaiknya anda juga melakukan olahraga peregangan dan angkat beban, dengan tujuan meningkatkan masa otot.

Ringkasan:
  • Penyebab Diabetes adalah faktor usia, etnis, genetik, berat badan, komposisi tubuh dan tingkat aktivitas fisik,
  • Olahraga untuk Penderita Diabetes yang baik dilakukan adalah jalan, jogging, bersepeda, peregangan dan angkat beban.

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger