Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aktifitas yang Meningkatkan Resiko Penyakit Diabetes

Resiko Penyakit Diabetes
Penyakit Diabetes adalah gangguan kesehatan kronis yang dapat mengancam kualitas hidup seseorang. Namun anda tidak perlu khawatir, karena penyakit Diabetes adalah penyakit yang dapat dikelola dengan menerapkan kebiasaan sehat dalam kehidupan.  Dan tentu harus menghindari beberapa aktifitas yang dapat memicu Gula dalam darah naik, sehingga memicu terjadinya komplikasi.

Adapun aktifitas fisik yang dapat memicu kambuhnya penyakit diabetes adalah sebagai berikut:
  • Terlalu banyak duduk, termasuk duduk di dapan TV dapat meningkatkan resiko diabetes. Hal ini dibuktikan berdasarkan penelitian yang menunjukan, bahwa duduk 2 jam di depan TV dapat meningkatkan risiko diabetes hingga 20%, prosentase tersebut akan lebih tinggi lagi apabila aktifitas menonton TV yang anda lakukan disertai mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Kebiasaan duduk setelah makan juga diketahui dapat meningkatkan gula darah hingga 34% lebih tinggi dibandingkan apabila anda berjalan-jalan setelah makan.
  • Menghindari Makan sering dilakukan oleh banyak penderita diabetes, dengan alasan mereka takut gula darahnya naik. Namun dengan menghindari sarapan dan makan siang akan memicu gula darah tidak stabil. Hal ini memicu anda untuk mengkonsumsi makanan atau cemilan yang tidak sehat, sehingga gula darah akan lebih sulit dikontrol.
  • Mengurangi tidur adalah salah satu aktivitas yang juga sering dilakukan oleh pasien diabetes, dengan tujuan agar kadar gula dalam darah menurun. Namun perlu anda ketahui, pasien yang kurungi tidur akan memicu naiknya gula darah, karena mereka akan cenderung mengkonsumsi makanan tidak sehat atau karena dehidrasi yang mereka alami. Mengurangi tidur di malam hari juga akan memicu rasa kantuk di siang hari, sehingga mengganggu aktifitas fisik yang seharusnya anda lakukan.
  • Menghentikan konsumsi Obat Diabetes juga sering dilakukan oleh pasien diabetes, dengan alasan gula darah telah normal dan mulai beralih dengan obat herbal untuk penyakit Diabetes. Obat herbal memang bisa membantu gejala diabetes yang anda alami, namun belum bisa menggantikan fungsi obat diabetes secara maksimal.
  • Tidak melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin atau menghentikan pemeriksaan gula darah sering dilakukan oleh pasien diabetes yang merasa bahwa gula darahnya sudah normal. Namun untuk pemeriksaan sebaiknya tetap dilakukan dengan rutin agar diketahui berapa banyaknya obat-obatan yang  harus dikonsumsi,  diet,  olahraga, aktifitas fisik yang sebaiknya dilakukan.
Ringkasan:
  • Banyak duduk di depan tv atau saat bekerja dapat meningkatkan resiko kambuhnya penyakit diabetes,
  • Meski saat pemeriksaan rutin gula darah anda sudah normal, namun sebaiknya obat-obat untuk penyakit diabetes terus dikonsumsi,

Post a Comment for "Aktifitas yang Meningkatkan Resiko Penyakit Diabetes"