Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Obat Herbal untuk Penyakit Diabetes

Obat Herbal untuk Penyakit Diabetes
Penyakit Diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya karena dapat memicu terjadinya komplikasi pada organ tubuh lain (kardiovaskular, gagal ginjal dan kerusakan saraf). Sehingga tentu lebih baik untuk menjaga pola hidup sehat, dengan merawat tubuh dan menjaga tingkat gula darah agar anda terhindar dari penyakit Diabetes atau sering juga di sebut penyakit gula ini.

Selain pengobatan Diabetes dengan cara medis, sejak dahulu telah dikenal berbagai ramuan alami atau Obat Herbal untuk Penyakit Diabetes dengan memanfaatkan tanaman-tanaman herbal. Beberapa tanaman herbal telah dibuktikan dengan penelitian, untuk mengetahui khasiat dan efek samping dari tanaman tersebut. Dan di bawah ini adalah delapan tanaman yang dipercaya dapat digunakan sebagai Obat Herbal Penyakit Diabetes:
  • Fenugreek adalah sejenis tanaman biji-bijian yang banyak ditemukan di Benua Asia khususnya di india. Di Negara tersebut dan Fenugreek digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Selain sebagai penyedap masakan Tanaman Fenugreek ini juga mampu menurunkan resistensi insulin dan mengontrol kadar glukosa darah dengan meningkatkan jumlah reseptor insulin dalam sel darah merah, sehingga dapat meningkatkan pemanfaatan glukosa pada jaringan perifer. Namun tanaman herbal ini tidak boleh digunakan untuk ibu hamil dan menyusui.
  • Lidah buaya (Getah kering lidah buaya dan gel (bagian dalam lidah buaya)), juga dipercaya dapat menurunkan kadar glukosa darah puasa dan HbA1c.
  • Kayu manis, meskipun terasa manis namun diketahui dapat membuat sel-sel lemak lebih mudah diakses insulin dan meningkatkan konversi glukosa menjadi energy dan pembentukan radikal bebas yang berbahaya di dalam tubuh.
  • Bawang atau Ekstrak bawang dapat mengurangi kadar gula darah selama toleransi glukosa oral dan intravena, dengan cara mempengaruhi metabolisme hepatik glukosa dan meningkatkan pelepasan insulin, sehingga mencegah perusakan insulin yang menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami diabetes.
  • Bawang putih dianggap sebagai Obat Herbal terbaik untuk menurunkan gula darah serta perbaikan sel-sel pankreas dan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin yang terganggu pada penderita diabetes
  • Kemangi memiliki efek positif pada glukosa setelah makan dan saat puasa. Berdasarkan penelitian, daun kemangi memfasilitasi proses sekresi insulin dalam tubuh penderita diabetes.
  • Daun mangga, bisa digunakan untuk obat alami penyakit diabetes dengan cara merendamnya di dalam secangkir air selama satu malam. Pada pagi hari, tiriskan daun mangga dan minum ramuan tersebut. 
  • Ginseng Asia biasanya terdapat pada ramuan pengobatan tradisional Cina untuk mengobati penyakit diabetes. Ginseng Asia mempunyai efek langsung menurunkan gula dalam darah, dengan meningkatkan pelepasan insulin dari pankreas dan meningkatkan jumlah reseptor insulin dalam tubuh pasien diabetes.
Tanaman Herbal yang bisa digunakan untuk Mengobati Penyakit Diabetes sebenarnya ada banyak disekitar kita. Selain tanaman diatas, pare juga dipercaya mampu menurunkan diabetes. Namun memang tentu yang terbaik adalah dengan mencegah penyakit diabetes dengan menjaga pola hidup, pola makan yang sehat dan hindari konsumsi gula berlebihan.

Ringkasan:
  • Obat Herbal untuk Penyakit Diabetes adalah Fenugreek, Lidah buaya, Kayu manis, Bawang, Bawang putih, Kemangi, Daun mangga, Ginseng Asia,
  • Ramuan air yang sebelumnya telah direndamkan Daun Mangga selama satu malam bisa efektif mengurangi penyakit gula,
  • Mencegah penyakit diabetes dengan menjaga pola hidup, pola makan yang sehat dan membatasi konsumsi gula.

Post a Comment for "Obat Herbal untuk Penyakit Diabetes"