Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Kolik pada Bayi Baru Lahir

Cara Sederhana Mengatasi Bayi Rewel
Kolik adalah kondisi bayi yang menangis terus menerus secara berlebihan. Hal ini tentu akan mengganggu waktu istirahat orang tua, dan tentu anda sebagai orang tua tidak akan tega apabila buah hati menangis lebih dari 3 jam sehari dan paling sedikit 4 hari dalam seminggu. Gangguan Kolik pada bayi biasa terjadi pada bayi yang baru lahir hingga usia 3-4 bulan.

Meski sampai sekarang penyebab pasti kolik pada bayi belum diketahui secara pasti, namun Gangguan Kolik sering dikaitkan dengan adanya gangguan pada saluran pencernaan bayi. Seperti dikarenakan, mengejangnya otot di dinding usus atau ada udara dalam usus bayi. Selain itu kolik juga bisa disebabkan kerena bayi alergi terhadap susu sapi atau susu formula yang anda berikan.

Pada artikel ini kami akan memberikan beberapa cara sederhana untuk menghentikan kolik (bayi rewel), yang diantaranya adalah:
  1. Membedong bayi atau Membungkus bayi dalam selimut atau selendang. Pastikan lengan dan kaki bayi tidak bisa memukul dan membuatnya marah saat akan membedong. Saat akan membedong mungkin buah hari anda akan menangis lebih keras, namun setelah selesai bayi anda akan lebih tenang dan bisa tertidur pulas. Anda bisa melepas bedong setelah 1-2 jam, jangan lebih dari 2 jam.
  2. Memegang perut bayi, dengan cara peluklah bayi seolah-olah Ibu akan menyusui, namun dengan posisi menghadap keluar. Jangan sampai bayi baru lahir, tidur dengan posisi miring apalagi tengkurap. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan peredaran darah bayi dapat terganggu pada saat tidur.
  3. Mengeluarkan suara 'shhhh' dengan tujuan agar bayi lebih tenang. Anda mungkin tidak menyadari saat di dalam rahim, bayi mendengar suara sangat berisik (white noise). Katakanlah dengan panjang suara sh-hhhhhh di telinga si kecil untuk meniru suara mendesing cairan di dalam rahim, sekeras dia menangis.
  4. Menggoyangkan bayi, dengan cara anda duduk di lantai dan rentangkan kaki. Letakkan bayi dalam posisi tengkurap. Goyang lutut anda dengan sangat pelan dan lembut, pastikan kepala bayi hanya bergerak sedikit. Gerakan menggoyangkan lutut jangan terlalu cepat, karena sangat berbahaya untuk buah hati anda.
Apabila setelah anda mempraktekan keempat cara Mengatasi Kolik pada Bayi Baru Lahir tersebut diatas, bayi anda masih saja menangis. Segera bawa ke bidan atau dokter anak untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Ringkasan:
  • Kolik pada bayi adalah kondisi ketika bayi menangis terus menerus lebih dari 3 jam sehari dan sedikitnya 4 hari dalam seminggu,
  • Mengatasi Kolik pada Bayi adalah dengan membedong, memegang perut bayi, Mengeluarkan suara "Shhhh" dan Menggoyangkan Bayi.

Post a Comment for "Mengatasi Kolik pada Bayi Baru Lahir"