Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Bisa Dikarenakan Kanker

Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening
Pembengkakan Kelenjar Getah Bening sering menyebabkan rasa cemas dan menimbulkan tanda tanya baik bagi penderitanya maupun dari orang-orang disekitarnya.  Apakan kondisi tersebut normal, atau terjadi karena gejala dari penyakit yang mematikan seperti kanker. Kelenjar getah bening adalah salah satu organ vital manusia yang berfungsi untuk penyaringan antigen atau protein asing dari pembuluh-pembuluh getah bening yang melewatinya atau dengan kata lain sebagai kekebalan tubuh manusia.

Tubuh manusia Dan perlu anda ketahui bahwa yang menjadi bagian dari sistem pertahanan atau kekebalan tubuh. Tubuh memiliki kurang lebih 600 kelenjar getah bening. Namun yang bisa dikenali dengan mudah dan diraba adalah pada bagian leher, lipatan paha, ketiak, perut dan panggul. Adanya gangguan pada kelenjar getah bening, ditandai dengan pembengkakan. Hal ini yang banyak membuat banyak orang khawatir, karena mengira pembengkakan tersebut adalah kanker. Selain bengkak, biasanya penderita akan mengalami kemerahan di tempat kelenjar getah bening yang membengkak, demam, dan nyeri,

Penyebab Pembengkakan kelenjar getah bening bisa karena infeksi akut yang terjadi di bagian tubuh lain karena ada yang sakit (sakit gigi dan radang telinga, atau ISPA). Infeksi kronis yang sering terjadi karena penyakit Tuberkulosis (TBC), infeksi paru-paru, dan penyakit seksual, juga bisa memicu terjadinya pembengkakan Kelenjar Getah Bening.

Pembengkakan kelenjar getah bening akibat infeksi akan sembuh seiring membaiknya, bagian tubuh yang terkena infeksi. Namun apabila pembengkakan terjadi lebih dari satu sentimeter, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam. Karena bisa jadi pembengkakan memang disebabkan karena kankers akibat mutasi sel limfosit (sejenis sel darah putih), yang menjadi ganas dan tumbuh di berbagai organ manusia termasuk kelenjar getah bening.

Deteksian kanker atau bukan pada pembengkakan kelenjar bisa diketahui dengan pengambilan gambar (rontgen) dan pengambilan sampel kelenjar getah bening atau biopsi. Kanker pada kelenjar getah bening terdapat dua macam, yang diantaranya hodgkin (lebih berbahaya karena dapat menyebar melalaui sel darah) dan limfoma non-hodgkin.

Adapun Gejala pembengkakan kelenjar getah bening yang disebabkan karena kanker selain adanya pembengkakan disertai dengan penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, hidung sering tersumbat, demam, telinga berdengung, dan menurunnya nafsu makan dalam jangka panjang.

Ringkasan:
  • Kelenjar Getah Bening berfungsi untuk kekebalan tubuh mencegah masuknya zat-zat berbahaya ke dalam tubuh,
  • Penyebab Pembengkakan Kelenjar getah bening bisa karena infeksi atau tumor mematikan dengan masing-masing mempunyai gejala berbeda.

Post a Comment for "Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Bisa Dikarenakan Kanker"