Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Haid Tidak Teratur Memicu Wanita Sulit Hamil

Haid Tidak Teratur
Haid Tidak Teratur pada seorang wanita memungkinkan wanita tersebut sulit hamil. Hal ini karena memungkinkan dirinya menderita gangguan seperti ovarium polikistik (PCO).  Hal ini diperkuat oleh pernyataan Dr. Caroline Tirtajasa, Sp.OG(K), sebagai seorang Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Subspesialis Fertility dan Hormon Reproduksi Ahli Bedah Laparoskopi, Kiel, Jerman.

Banyak Pasien PCO datang ke Ahli Fertility dengan keluhan awal mengalami menstruasi tidak teratur atau sudah lama menikah namun juga tidak mengalami kehamilan . Adapun Diagnosis PCO ditentukan adanya dua dari tiga gejala klinis yaitu menstruasi tidak teratur, tanda-tanda hiperandrogen (muncul bulu halus di beberapa tempat selain tempat yang normal), dan gambaran indung telur yang diketahui berdasarkan pemeriksaan USG.

PCO (Polycystic Ovary) atau yang dikenal dengan Ovarium Polikistik adalah kondisi ketidakseimbangan hormonal yang menyebabkan sel telur kecil-kecil, atau bahkan tidak ada yang berkembang menjadi sel telur besar dan matang sehingga siap dibuahi oleh sel sperma untuk memungkinkan terjadinya kehamilan. Penderita PCO atau ketidakseimbangan hormon juga akan meningkatkan risiko obesitas, tekanan darah tinggi, kolestrol, trigliserida atau lemak darah tinggi dan diabetes.

Pengobatan PCO bisa dilakukan dengan Terapi hormon, yang membutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, sesuai seberapa berat kondisi ketidakseimbangan hormonal, yang tentunya satu pasien dengan pasien PCO yang lain akan berbeda.

Pengobatan PCO yang lain adalah dengan LOD dan FSH. Pengobatan LOD (Laparoscopy Ovarian Drilling), adalah tindakan meminimalkan jumlah folikel menggunakan jarum panas dengan operasi laparoskopi. Sementara FSH (Follicle Stimulating Hormone), merupakan tindakan dengan suntikan hormon perangsang folikel yang berfungsi untuk memacu pertumbuhan dan kematangan folikel atau sel telur dalam ovarium dan juga akan peningkatan hormon estrogen pada wanita, sehingga wanita Cepat Hamil.

Ringkasan:
  • Wanita Sulit Hamil bisa diketahui dengan gejala awal yaitu mempunyai siklus Haid tidak Teratur,
  • Salah satu Penyebab Haid Tidak Teratur adalah wanita mengalami PCO  atau kondisi ketidakseimbangan hormonal,
  • Ketidak seimbangan Hormonal pada penderita PCO menyebabkan sel telur kecil-kecil dan sulit dibuahi oleh sperma.

Post a Comment for "Haid Tidak Teratur Memicu Wanita Sulit Hamil"