Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencukur Bulu Ketiak Memicu Kanker Payudara

Bahaya Mencukur Bulu Ketiak
Bulu Ketiak dianggap banyak orang khususnya mengganggu tampilan, sehingga mereka mencabuti atau mencukur habis bulu ketiak tersebut. Selain untuk tampilan, mereka juga beralasan agar lebih nyaman dan kebersihan. Namun perlu anda ketahui bahwa, bulu ketiak mempunyai manfaat sangat banyak, dan apabila bulu ini dicukur habis, dapat menyebabkan resiko kesehatan.

Banyak wanita yang memilih untuk mencukur bulu ketiak, karena bulu ketiak yang panjang meningkatkan potensi bau tidak sedap pada ketiak. Bau tidak sedap ini disebabkan karena adanya pembusukan cairan lemak yang dikeluarkan oleh kelenjar apocrine pada ketiak oleh bakteri ada di bulu ketiak, terutama apabila kebersihan ketiak. Namun apabila bulu ketiak dicukur habis dan kebersihan ketiak juga tidak dijaga, maka bakteri akan tertimbun di pori-pori sekitar ketiak dan memudahkan timbul abses atau bisul pada ketiak wanita.

Manfaat bulu ketiak adalah untuk melindungi kulit daerah ketiak dari kotoran dan bakteri, melindungi ketiak dan payudara dari zat racun dari luar tubuh yang akan masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori di ketiak. Saat anda mencukur bulu ketiak hingga habis, tanpa disadari akan menyebabkan ketiak luka-luka kecil yang tidak kasat mata,  sekaligus menyebabkan pori-pori pada ketiak akan membesar.

Luka dan pori-pori yang membesar akan menyebabkan berbagai zat kimia, termasuk zat racun yang berasal dari berbagai produk kecantikan seperti deodoran, krim, bedak, dan parfum, akan dengan mudah menembus kulit dan masuk ke dalam kelenjar getah bening yang berada di ketiak. Dan setelah melalui kelenjar getah bening tersebut, zat kimia dan zat racun menyebar ke seluruh bagian tubuh, terutama pada bagian payudara wanita.

Hal tersebut dibuktikan terhadap penelitian, bahwa wanita yang mencukur bulu ketiaknya meningkatkan resiko kanker payudara hingga 10 kali lebih besar, dibandingkan dengan wanita yang tidak mencukur bulu ketiaknya. Zat racun yang sudah masuk ke dalam tubuh bisa menyebar ke bagian tubuh lain, seperti paru-paru, jantung bahkan otak, sehingga juga memicu kanker pada organ-organ tersebut.

Setelah mengetahui bahaya apabila bulu ketiak dicukur habis, dan tetap ingin mendapatkan manfaat bulu ketiak tanpa harus mengurangi estetika dan kenyamanan, anda sebaiknya cukup menggunting bulu ketiak dan tidak mencabut atau mencukur hingga habis. Dengan memotong bulu ketiak dengan gunting, maka akan mengurangi resiko terjadinya luka dan pembesaran pori-pori pada ketiak.

Ringkasan:
  • Mencukur Bulu Ketiak sering dilakukan karena mengganggu estetika dan kenyamanan,
  • Mencukur Bulu Ketiak akan meningkatkan resiko kanker payudara hingga 10 kali lebih besar,
  • Manfaat Bulu Ketiak untuk kesehatan adalah melindungi agar zat kimia, zat racun, bakteri dan kotoran masuk ke dalam tubuh.

Post a Comment for "Mencukur Bulu Ketiak Memicu Kanker Payudara"