Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengepel dan Nungging Termasuk Gerakan Senam Hamil?

Gerakan Senam Hamil
Gerakan Senam Hamil memang dianjurkan oleh bidan atau dokter karena selain untuk kesehatan ibu hamil dan janin, juga untuk memperlancar persalinan. Untuk itu banyak ibu hamil dan mungkin termasuk anda yang memilih untuk ikut kelas senam hamil baik itu di bisan atau rumah sakit dekat dengan tempat tinggal. Namun, ada beberapa ibu hamil yang memilih untuk melakukan kegiatan rumah tangga seperti mengepel dengan menungging, yang mereka percanyai juga bisa memperlancar proses kelahiran peralinan.

Namun, apakah pendapat tersebut benar? menurut  dr Hari Nugroho SpOG, ternyata mengepel sambil nungging tidak bisa memperlancar persalinan. Hal ini dikarenakan mengepel lantai dengan tangan sambil nungging berbeda persepsinya pada setiap orang. Sedangkan Senam hamil diakui dr Hari memang banyak membantu proses persalinan. Pasalnya, dikarenakan melalui senam hamil, ibu hamil dibantu mengidentifikasi dan melatih otot-otot yang nantinya akan digunakan untuk proses persalinan normal.

Dengan senam hamil, terutama dengan dipandu oleh tenaga ahli, diharapkan Ibu Hamil saat persalinan normal sudah tidak bingung lagi dengan apa yang harus dilakukan. Senam hamil juga bisa didukung dengan melakukan aktivitas ringan seperti jalan kaki atau jogging ringan.

Dengan melakukan berbagai aktivitas ringan dan Gerakan Senam Hamil yang tepat, maka akan meningkatkan vitalitas, kondisi pembuluh darah, jumlah pasokan oksigen, dan ketahanan otot tubuh ibu hamil. Hal ini memicu otot dan tubuh ibu hamil akan lebih efisien saat melakukan proses persalinan normal. semakin efisien otot maka proses persalinan diharapkan akan semakin cepat selesai.

Proses persalinan normal sangat dipengaruhi tiga faktor, yang diantaranya kekuatan ibu dan rahim, janin dan jalan lahir. Dan Vitalitas ibu hamil hanya mempengaruhi kekuatan ibu dan rahim. Secara statistik, Ibu Hamil yang melakukan aktivitas rutin akan mengalami Proses Persalinan Normal yang relatif lebih cepat, tentuk apabila didukung dengan besar janin yang tidak berlebihan dan jalan lahir yang cukup.

Ringkasan:
  • Mengepel dan Nungging tidak temasuk kedalam gerakan senam hamil dan tidak bisa memperlancar proses persalinan normal,
  • Gerakan Senam Hamil yang benar dapat meningkatkan vitalitas, pembuluh darah, jumlah pasokan oksigen, dan ketahanan otot tubuh ibu hamil,
  • Gerakan Senam Hamil sebaiknya disertai dengan sugesti baik dan aktivitas ringan seperti jalan dan jogging.

Post a Comment for "Mengepel dan Nungging Termasuk Gerakan Senam Hamil?"