Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merawat Kesehatan Gigi Ibu Hamil

Merawat Kesehatan Gigi Ibu Hamil
Ibu Hamil harus lebih menjaga kesehatan, karena kondisi kesehatan ibu hamil juga menentukan kesehatan janin di dalam kandungan. Adapun cara menjaga kesehatan ibu hamil bisa dengan cara mengurangi konsumsi kopi, menghindari sushi, dan berolahraga. Selain itu ibu hamil juga penting menjaga menjaga kesehatan gigi.

Permasalahan gigi Ibu Hamil sering ditemukan, bahkan mencapai 40% mengalami inflamasi gusi, keropos gigi, dan inflamasi akar gigi. Dan apabila kondisi tersebut tidak segera diobati, maka dikhawatirkan dapat berbahaya bagi ibu maupun janin di dalam kandungan. Hal ini dikarenakan Reaksi racun dari plak ini juga akan meningkat selama hamil.

Dokter pakar kesehatan gigi anak Amanda Seay mengatakan, bahwa inflamasi gusi yang terjadi pada ibu hamil disebabkan karena peningkatan hormon progesteron yang membuat respon tubuh berlebihan pada plak yang ada di mulut. Dan untuk mengatasi permasalahan tersebut, anda bisa melakukan hal-hal sebagai berikut:
  • Sikat gigi teratur setelah sarapan dan sebelum tidur adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Saat menyikat gigi, gunakan pasta gigi bebas alkohol dan pembersih lidah untuk menghilangkan bakteri di dalam mulut secara lebih sempurna.
  • Lakukan pemeriksaan gigi secara teratur. Hal ini dikarenakan sampai tahun 2009 sembilan 35 % wanita tidak melakukan pemeriksaan kesehatan gigi ke dokter gigi selama setahun terakhir, dan lebih dari setengahnya tidak melakukan pemeriksaan gigi saat hamil. Padahal, melakukan memeriksakan kesehatan gigi merupakan hal yang esensial, agar kesehatan gigi saat hamil lebih maksimal atau saat di tengah terapi kesuburan.
  • Sebaiknya ibu hamil juga membersihkan karang gigi setiap enam bulan sekali juga menjadi cara terbaik melindungi gigi dari penyakit, bahkan hal ini juga bisa dilakukan saat hamil tanpa khawatir ada resiko yang membahayakan kehamilan.
  • Makan yang tepat saat hamil memang cukup sulit, hal ini karena dipengaruhi oleh rasa mual saat di awal kehamilan. Agar Gigi Ibu Hamil tetap sehat, sebaiknya anda memilik makanan banyak mengandung serat seperti buah-buahan, sayuran dan kacang. Anda juga bisa mengkonsumsi keju untuk menjaga kekuatan gigi.
  • Kunyah permen karet yang mengandung xylitol dan minum air untuk menjaga produksi air liur tetap melimpah. Dengan melimpahnya Air Liur maka bisa menjadi mekanisme perlawanan alami terhadap bakteri di dalam mulut.
Ringkasan:
  • Merawat Kesehatan Gigi Ibu Hamil dilakukan dengan cara menghindari sushi, mengurangi konsumsi kopi, dan berolahraga secara teratur,
  • Reaksi racun dari plak gigi di mulut dikhawatirkan dapat berbahaya untuk ibu hamil maupun janin di dalam kandungan,
  • Agar Gigi Ibu Hamil tetap sehat lakukan sikat gigi secara rutin, pemeriksaan secara teratur, konsumsi makanan sehat dan permen karet.

Post a Comment for "Merawat Kesehatan Gigi Ibu Hamil"