Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gerakan Senam Hamil Pilates dan Manfaatnya

Gerakan Senam Hamil Pilates
Gerakan Senam Hamil Pilates dilakukan oleh ibu hamil agar tetap bugar dan fit, dan sangat bermanfaat saat proses persalinan. Adapun gerakan pilates dengan latihan yang tepat serta mengikuti arahan dari instruktur sangat disarankan agar didapatkan hasil maksimal. Saat ini banyak Rumah sakit, khususnya di Jakarta, Surabaya dan Semarang, senam hamil pilates (prenatal pilates) dibuat menjadi program tersendiri khusus untuk ibu hamil yang menunggu persalinan yang diarahkan oleh pelatih khusus.

Senam Hamil Pilates disesuaikan dengan perubahan bentuk tubuh ibu hamil yang akan berubah dari bulan ke bulan menjelang persalinan. umumnya program Senam Hamil Pilates dibagi per tiga semester (3 x 6 bulan), dengan tujuan untuk meningkatkan kekuatan otot perut dan panggul dan membantu mempertahankan postur tubuh setelah persalinan.

Adapun Tahapan Gerakan Senam Hamil Pilates dalam 3 Semester adalah sebagai berikut:

Gerakan Core Strength, Stamina, Muscle pada Semester I

Gerakan Senam Hamil Pilates bertujuan untuk memory latihan untuk memperkuat seluruh inti tubuh ibu hamil terutama punggung, pinggang serta pinggul, melatih agar tubuh ibu hamil mampu menyangga kekuatan perut selama hamil pada semester pertama, dan meningkatkan stamina tubuh ibu hamil.

Gerakan Postur, Core Stabilyty, Balance pada Semester II

Gerakan Senam Hamil pilates pada semester ini bertujuan untuk menjaga postur tubuh agar tulang belakang ibu hamil usia 4-6 bulan saat posisi tegak, stabil terlihat seimbang dan netral, melindungi punggung serta leher perut dan payudara yang semakin membesar karena kehamilan.

Gerakan Flexibility, Join Mobility, Labor Prep pada Semester III

Gerakan pilates pada semester ini bertujuan untuk memperkuat otot-otot pinggul dan persendian, tulang belakang, mengurangi ketidak nyamanan seiring dengan meningkatnya usia kehamilan mendekati persalinan.

Dengan Berlatih Gerakan Senam Hamil Pilates diharapkan kondisi fisik itu hamil akan tetap terjaga, terhindar dari keluhan-keluhan selama hamil dan proses persalinan akan semakin lancar. Meski tentu untuk persalinan normal harus memenuhi syarat bahwa jalan lahir, dan ukuran bayi cukup atau memungkinkan dilaksanakan proses persalinan normal.

Adapun Video Gerakan Senam Hamil Pilates bisa anda lihat sebagai berikut:


Ringkasan:
  • Gerakan Senam Hamil Pilates bermanfaat agar tetap bugar dan fit, dan membantu kelancaran persalinan normal,
  • Tahapan Gerakan Senam Hamil Pilates terbagi dalam tiga tahap dengan kelipatan 3 bulan kehamilan,
  • Persalinan normal mungkin dilakukan apabila jalan lahir dan ukuran bayi memang cukup.
Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA 

Post a Comment for "Gerakan Senam Hamil Pilates dan Manfaatnya"