Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Gangguan Kesehatan Pencernaan

Mengatasi Gangguan Kesehatan Pencernaan
Menelan Permen Karet secara disengaja atau tidak, dapat memberikan dampak bagi kesehatan. Hal ini karena permen karet tidak bisa dicerna oleh organ pencernaan. Hal tersebut memang sering terjadi menjadi kekhawatiran bagi banyak orang dan telah menjadi mitos oleh banyak masyarakat. Namun apabila anda atau buah hati anda mengalami hal tersebut, sebaiknya anda tidak perlu khawatir, karena sistem pencernaan terus bergerak dan apapun yang masuk kedalam mulut, akan dikeluarkan melalui tinja.

Sistem pencernaan manusia tidak hanya berhubungan dengan lambung dan usus, namun juga melibatkan sistem organ yang kompleks, dimana makanan akan diteruskan dan diubah menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh.

Sistem pencernaan manusia yang sehat akan membantu mencegah masuknya bakteri dan menguatkan kekebalan tubuh. Dan karena begitu kompleksnya sistem pencernaan, banyak berkembang mitos mengenai sistem pencernaan, yang diantaranya adalah:

Makanan Pedas Penyebab Sakit Maag

Sudah dari dahulu, makanan pedas dianggap sebagai penyebab sakit maag. Namun berdasarkan penelitian para ahli, telah ditemukan fakta yang sebenarnya. Penyebab sakit maag adalah karena infeksi bakteri H.pylori atau bisa juga karena obat-obatan tertentu. Sedangkan makanan pedas adalah pemicu kambuhnya sakit maag, namun bukan penyebab awal.

Kacang-kacangan menyebabkan radang usus

Penderita diverticulitis dengan kondisi dinding usus yang berkantong-kantong dan mudah terkena radang dan infeksi, biasanya dilarang mengonsumsi makanan dari jenis kacang-kacangan dan jagung. Namun berdasarkan penelitian terbaru, ditemukan bahwa makanan berserat tinggi seperti kacang dan jagun bisa menurunkan risiko penyakit ini diverticulitis (radang usus).

Kacang-kacangan memicu gas

Makanan dari jenis kacang-kacangan bukan penyebab utama munculnya gas dalam perut. Namun pemicu gas dalam perut yang sebenarnya adalah makanan yang mengandung susu, karena tubuh kurang bisa mencerna laktosa (gula) yang ada pada susu. Sehingga tidak perlu heran apabila, banyak orang yang merasa kembung setelah minum susu.

Sembelit banyak menyerang orang tua

Memang banyak orang tua yang sering mengalami sembelit, namun bukan faktor penuaan yang menjadi penyebabnya. Hal ini lebih dikarenakan, orang tua biasanya lebih jarang bergerak, banyak duduk, dan kurang minum air, sehingga memicu terjadinya sulit BAB.

Ringkasan:
  • Permen karet yang tertelan dapat keluar bersamaan kotoran lain melalui tinja,
  • Penyebab sakit maag adalah karena infeksi bakteri H.pylori atau obat-obatan tertentu,
  • Orang tua usia lanjut sering mengalami sembelit karena kurang gerak, banyak duduk, dan kurang minum air.
  • Gangguan Kesehatan Pencernaan adalah maag, sembelit dan radang usus,

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Berbagai Gangguan Kesehatan Pencernaan"