Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertumbuhan Janin pada Wanita Obesitas

Pertumbuhan Janin pada Wanita Obesitas
Pertumbuhan Janin dapat terganggu karena banyak faktor, dan salah satunya adalah karena ibu hamil mengalami berat badan berlebih atau obesitas. Untuk ibu wanita yang merencanakan kehamilan sebaiknya menjaga berat badan. Karena Sel telur dari calon ibu yang mengalami obesitas atau penderita diabetes, meningkatkan potensi gangguan pertumbuhan janin karena paparan asam lemak jenuh yang terlalu tinggi.

Hal ini dibuktikan oleh para ilmuwan dari Belgia, Inggris dan Spanyol, yang menemukan bahwa embrio yang berasal dari sel telur lembu yang terekspos asam lemak dengan kadar tinggi memiliki sel yang lebih sedikit. Hal tersebut akan berpengaruh pada ekspresi gen dan aktivitas metabolik. Faktor-faktor tersebut juga akan menyebabkan embrio atau bakal janin tidak bisa berkembang secara normal setelah pembuahan.

Meski penelitian baru dilakukan pada sel telur yang berasal dari ternak sapi, namun para peneliti mengatakan bahwa hasil penelitian ini juga bisa menjelaskan mengapa wanita yang menderita diabetes tipe 2 atau obesitas akan lebih sulit untuk hamil.

Penggunaan sel telur sapi bisa merekonstruksi gangguan metabolik dan kualitas sel telur yang mirip pada wanita. Sehingga memang sel telur sapi ini bisa menjadi model yang baik untuk penelitian mengenai gangguan reproduksi manusia.

Pasien obesitas cenderung memetabolisme lebih banyak cadangan lemak, sehingga kadar asam lemak jenuhnya lebih tinggi pada ovarium. Dari penelitian didapatkan bahwa hal  tersebut akan berdampak toksin pada sel telur yang sedang berkembang sebelum ovulasi, sehingga akan menyebabkan gagalnya pembuahan.

Mereka juga mengamati perkembangan embrio delapan hari setelah pembuahan, yaitu saat embrio berkembang menjadi blastosis yang memiliki 70-100 sel. Dan apabila sel telur tersebut terpapar oleh kadar asam lemak jenuh yang tinggi, akan terjadi peningkatan metabolisme asam amino, sehingga berpengaruh pada konsumsi oksigen, glukosa dan laktase, seluruhnya akan mempengaruhi metabolisme dan kelangsungan hidup sel telur ini sendiri

Para peneliti tersebut juga menemukan embrio yang terpapar spesifik gen dalam jumlah tinggi, berkaitan dengan stres sel sehingga mereka kesulitan untuk berkembang secara normal. Sehingga bagi anda yang selami ini sulit hamil dan mengalami obesitas sebaiknya mulai melakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan.

Ringkasan:
  • Pertumbuhan Janin pada Wanita Obesitas bisa terganggu sehingga tidak sempurna,
  • Asam lemak yang tinggi pada wanita obesitas akan mengganggu pembuahan dan pertumbuhan embrio,
  • Terganggunya pembuahan dan pertumbuhan embrio menyebabkan wanita obesitas sulit hamil,

Post a Comment for "Pertumbuhan Janin pada Wanita Obesitas"