Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengatasi Anak Sering Mengompol

Mengatasi Anak Sering Ngompol
Anak Sering Mengompol tentu membuat orang tua kewalahan. Bahkan beberapa anak dengan usia yang besar bahkan sudah kelas 5 SD masih ditemukan sering mengompol. Hal ini bukan hanya merepotkan, namun juga akan mengganggu psikologis anak, menjadi tidak percaya diri atau minder.

Adapun beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi Anak Sering Mengompol, terutama yang sudah mulai bersekolah adalah sebagai berikut:
  • Komunikasi, dengan cara saat menggunakan piyama dan popok baru pada anak setelah mengompol, berbicaralah kepada andak untuk membahas kebiasaan mengompolnya. Agar tidak terkesan memberikan perintah, bisa dengan mengemas melalui sebuah dongeng, pengalaman lucu, dan sebagainya. dengan penyampaian yang baik, maka buah hati lebih mudah memahami keinginan dan harapan dari orangtua.
  • Jangan minum berlebihan menjelang tidur. Bagi anak yang terbiasa minum susu sebaiknya mulai dikurangi. Waktu minum terakhir sebelum tidur minimal 1 jam, dan biasakan untuk buang air kecil terlebih dahulu sebelum tidur.
  • Pasang alarm, ketika saat waktunya pipis dan ajak dia untuk ke kamar kecil. Pada awalnya, memang akan mengganggu jam tidur anak, namun apabila sudah terbiasa, maka akan lebih mudah.
  • Janji Hadiah bisa diberikan, apabila anak berhasil untuk tidak mengompol dalam beberapa waktu. Hadiah yang diberikan juga tidak perlu mahal, bisa semangkuk es krim setelah makan siang, atau waktu lebih untuk menonton televisi setelah pulang sekolah.
  • Cek kesehatan, apabila lima cara diatas tidak mengurangi kebiasaan anak mengompol setelah 3 – 6 bulan. Pemeriksaan kesehatan ini untuk mengantisipasi apabila anak mempunyai penyakit seperti diabetes atau gangguan pada saluran kencing.
Ringkasan
  • Kebiasaan Mengompol anak bisa berlanjut sampai saat di bersekolah, sehingga harus ditangani sedini mungkin,
  • Nasehat terbaik adalah dengan membangun komunikasi yang baik kepada anak dan menyisipkan nasehat pada cerita,
  • Kebiasaan Mengompol juga bisa disebabkan karena gangguan kesehatan seperti diabetes san ganggu saluran kencing.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Tips Mengatasi Anak Sering Mengompol"