Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Kram pada Ibu Hamil

Tips Mengatasi Kram pada Ibu Hamil
Kram pada Ibu Hamil memang sering terjadi pada ibu hamil. Namun hal ini tidak boleh dibiarkan, karena dapat menyebabkan sakit yang berkepanjangan. Kram lebih sering terjadi saat usia kehamilan masuk trimester ketiga, yang disebabkan karena berat badan yang bertambah. Hal ini memicu terjadi penumpukan cairan tubuh terutama pada kaki dan perut.

Bahaya Kram pada Ibu Hamil

Kram yang disebabkan karena adanya insufisiensi pembuluh darah vena. Khususnya pada ibu hamil, kram disebabkan karena perubahan hormon, dan adanya tekanan rahim yang terus membesar pada pembuluh darah khususnya perut dan kaki. Tekanan ini juga dapat menghambat aliran darah ke jantung dan memicu terjadinya varises, dan apabila dibiarkan terus menerus dapat mengakibatkan pembuluh darah vena pecah (akumulasi) dan juga memicu terjadinya pembekuan darah.

Kram kaki Pada ibu Hamil juga dapat disebabkan karena kaki terlalu menopang beban berat badan yang berlebih. Penyebab lain kram pada kaki adalah kurangnya asupan mineral dalam tubuh selama hamil seperti potasium, magnesium dan kalsium.

Cara Mengatasi Kram pada Ibu Hamil

Cara umum untuk mencegah kram pada ibu hamil adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih, sehingga ibu hamil terhindar dari dehidrasi dan aliran darah menjadi lebih lancar. Makanan Ibu Hamil harus diperbanyak yang mengandung kalsium seperti susu, yoghurt keju dan sayuran hijau. Mengkonsumsi satu buah pisang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan potasium agar terhindar dari kram. Apabila anda mengalami kram kaki, segera atasi dengan meluruskan atau menekan ujung telapak kaki mengarah ke atas.

Ibu Hamil juga dianjurkan tetap beraktifitas atau melakukan senam hamil untuk menjaga otot-otot kaki dan perut bekerja sehingga darah dari kaki ke jantung tetap terpompa dengan baik. Posisi tidur ibu hamil miring ke kiri atau kaki ditempatkan pada posisi lebih tinggi dari badan juga dapat mencegah kram pada ibu hamil.

Ringkasan:
  • Ibu Hamil akan sering mengalami kram kaki dan perut terutama pada usia kehamilan trimester ketiga,
  • Penyebab Kram pada Ibu Hamil karena perubahan hormon, dan adanya tekanan rahim yang menyumbat vena,
  • Mengatasi Kram pada Ibu Hamil adalah dengan meningkatkan konsumsi air putih, makan makanan sehat, dan memposisikan diri dengan tepat.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Cara Mengatasi Kram pada Ibu Hamil"