Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membersihkan Gigi dan Mulut dengan Siwak

Cara Membersihkan Gigi dan Mulut dengan Siwak
Siwak adalah kayu yang diambil dari akar pohon arak (Salvadora persica). Sebelum digunakan biasanya ujung akar dilembutkan terlebih dahulu dengan gigi, sampai menjadi serabut dan dirasa nyaman untuk dipakai. Setelah digunakan, wangi khas siwak akan tetap tertinggal di mulut.

Meski digunakan berkali-kali, wangi khas pada siwak tetap terjaga, yang ini berbeda dengan tradisi bersiwak di tempat-tampat lain. Sebagai contoh, di Afrika Barat, orang-orang bersiwak dengan menggunakan kayu pohon limun (Citrus aurantifolia) dan pohon jeruk (Citrus Sinesis). Di Sierra Leone, orang bersiwak dengan menggunakan laburnum Afrika (Cassia Sieberianba). Di India, orang-orang bersiwak memakai neem (Azadirachta Indica). Sedangkan orang-orang Negro Amerika, bersiwak menggunakan akar Senna (Cassia Vinea).

Cara Menggunakan Siwak

Bersiwak dengan menggunakan akar siwak memiliki cara tersendiri yang berbeda dengan ketika anda menggunakan sikat gigi. Yaitu apabila bersiwak adalah dengan gerakan melintang dan bukan membujur. Hal ini karena dengan gerakan melintang, maka akan lebih nyaman di gigi dan lebih aman untuk gusi.

Siwak mempunyai bentuk langsing memanjang, dengan bentuk ini, anda bisa menggosok secara lembuh langit-langit mulut dengan mudah yang dimana hal ini tidak bisa digantikan sempurna oleh sikat gigi yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Lidah sebagai produsen sekitar 80% bau mulut juda dapat dibersihkan sampai ke pangkal lidah dengan siwak.

Adapun cara membersihkan lidah adalah dengan memegang pangkal siwak dengan tangan, ujung siwak yang berserabut lembut diarahkan ke pangkal lidah. Selanjutnya secara pelan-pelan, ujung siwak digerakan secara membujur dari pangkal lidah ke ujung lidah, seperti gerakan mengoleskan selai di atas roti secara searah.

Kandungan Kayu Siwak

Dalam sebatang siwak, terdapat beberapa bahan kimia yang alami, seperti astringents, abrasive dan detergent. Ketiga bahan kimia ini bermanfaat untuk kesehatan mulut, karena termasuk antibacterial acid. Zat tersebut bermanfaat untuk membunuh bakteri, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan pada gusi.

Saat ini memang banyak pasta gigi yang juga menggunakan aroma dan komposisi seperti siwak. Dengan tujuan menggantikan siwak karena kelangkaan dan kepraktisan. Namun hal tersebut tentu tidak dapat menggantikan nilai ibadah karena mencontoh Rasulullah.

Ringkasan:
  • Siwak adalah sebatang kayu yang digunakan untuk membersihkan gigi dan mulut yang berasal dari pohon arak (Salvadora persica),
  • Siwak mengandung  astringents, abrasive dan detergent yang berguna untuk membunuh bakteri, menghentikan pendarahan pada gusi dan mencegah infeksi,
  • Bersiwak telah diajarkan pada ribuan ratuh yang lalu oleh Nabi Muhammad.
Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Membersihkan Gigi dan Mulut dengan Siwak"