Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencegah Penyakit Batu Ginjal Kambuh Kembali

Mencegah Penyakit Batu Ginjal Kambuh
Penyakit Batu Ginjal memang bisa disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan atau teknologi laser, namun anda juga perlu mengetahui bahwa batu ginjal yang telah hilang tersebut bisa muncul kembali. Dan memang risiko Kambuh Kembali batu ginjal, antara satu orang dengan orang yang lain tidak sama. Dan faktor kembalinya Penyakit Batu Ginjal sudah bisa diprediksi dengan metode tertentu.

Batu ginjal adalah materi solid yang terbentuk dari substansi-substansi tertentu yang terdapat pada urine manusia. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan, sedangkan batu yang lebih besar bisa tersangkut pada saluran kemih sehingga menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa.

Penelitian dalam Journal of the American Society of Nephrology menemukan cara akurat memprediksi kambuhnya penyakit batu ginjal di masa mendatang, dengan cara mengajukan 11 pertanyaan kepada orang yang pernah mengalami batu ginjal. Cara sederhana ini diharapkan dapat membantu pasien dan dokter untuk menentukan langkah preventif yang harus dilakukan untuk meminimalkan resiko kambuhnya penyakit batu ginjal.

Sebelas pertanyaan yang diajukan, dapat mengetahui risiko pengembangan batu ginjal dalam dua, lima, atau sepuluh tahun mendatang. Resiko tersebut juga berhubungan dengan faktor risiko, seperti usia lebih muda, jenis kelamin pria, terdapat darah pada urine, memiliki riwayat keluarga batu ginjal, batu ginjal yang terbuat dari asam urat, memiliki batu pada panggung ginjal, dan faktor yang lain.

Adapun cara mendeteksi ini dikembangkan dengan menggunakan data yang berasal dari sekitar 2.200 orang dewasa di Amerika Serikat yang pernah mengalami batu ginjal dalam jangka waktu tahun 1984 hingga tahun 2003. Dan diketahui lebih dari 700 orang kembali mengalami batu ginjal di tahun 2012.

Ketika seorang pasien yang pernah mengalami batu ginjal, diketahui memiliki risiko tinggi mengalami penyakit batu ginjal kembali. Maka mereka perlu mendapat saran terbaik untuk menjalani diet atau mengonsumsi obat-obatan yang dapat membantu mencegah Penyakit Batu Ginjal Kambuh Kembali. Sedangkan yang memiliki risiko rendah mungkin tidak perlu menjalaninya, namun tetap harus hati-hati.

Ringkasan:

  • Penyakit Batu Ginjal bisa disembuhkan dengan cara penggunaan obat-obatan atau laser,
  • Kekambuhan Penyakit batu Ginjal masih sangat mungkin terjadi pada seseorang dalam jangka waktu 2, 5 atau 10 tahun,
  • Mencegah Penyakit Batu Ginjal Kambuh Kembali bisa dilakukan dengan deteksi dini resiko kekambuhan dan ditangani dengan tepat.

Post a Comment for "Mencegah Penyakit Batu Ginjal Kambuh Kembali"