Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Kopi yang Aman untuk Lambung

Kopi yang Aman untuk Lambung
Memilih Kopi yang Aman untuk Lambung tentu sangat penting terutama bagi penderita penyakit maag. Hal ini tentu karena kopi mengandung kafein yang dapat memicu kenaikan asam lambung. Memilih kopi yang tepat harus menjadi perhatian, karena saat ini minum kopi tidak hanya menjadi hobi, namun juga menjadi trend gaya hidup yang terus diminati.

Menurut  ahli kopi Adi W. Taroepratjeka, minum kopi sebenarnya tidak selalu berdampak buruk terhadap asam lambung. Secara ilmiah, orang akan mengatakan bahwa kopi mempunyai sifat asam. Padahal Espresso mempunyai tingkat keasaman sekitar 5-5,5, jus jeruk mempunyai pH 4 dan rujak cuka mempunyai pH 3,5. Sehingga apabila seseorang mengkonsumsi makanan yang lebih asam saja bisa, mengapa kopi tidak boleh?

Kopi jenis arabika, menurut sebenarnya cukup aman untuk lambung penderita maag karena mempunyai kadar kafein yang lebih rendah. Hal ini telah dibuktikan dengan beberapa orang yang mempunyai sakit maag, namun tetap aman ketika mengkonsumsi kopi Arabika. Kandungan kafein yang tinggi pada kopi memang dapat bersifat racun, dan lambung mempunyai batas tertentu untuk mentolerir kafein yang dikonsumsi. Adapun batas normal minum kopi adalah dua cangkir sehari, yang mempunyai kadar kafein setara dengan tiga shot espresso. Batasan tersebut dinilai aman, bahkan bisa menyehatkan untuk tubuh.

Saat ini banyak orang yang membuat kopi dari biji yang pecah dan kecil. Dengan cara ini, maka seseorang akan membutuhkan jumlah kopi yang lebih banyak untuk secangkir kopi, dan ternyata hal ini juga akan menghasilkan kandungan kafein yang lebih banyak pada secangkir kopi, dibandingkan dengan kopi yang dibuat dari bubuk kopi halus.

Mengenai banyaknya produk kopi putih instan yang dijual, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Karena meski aman untuk lambung, namun kandungan gulanya terlalu tinggi. Berbeda dengan Kopi hitam yang meskipun manis, namun terdiri dari komposisi kopi yang lebih banyak dibandingkan dengan gula yang digunakan. Sedangkan kopi putih instan, mempunyai kadar gula dan krimer yang lebih tinggi dibandingkan gulanya.

Ringkasan:
  • Kopi dapat meningkatkan asam lambung sehingga memicu kekambuhan penyakit maag,
  • Batas aman minum kopi penderita maag adalah dua cangkir dalam satu hari dan disarankan kopi arabika yang mempunyai kadar kafein rendah.
  • Kopi putih instant tidak sehat karena mempunyai kandungan gula dankremer lebih banyak dibandingkan kopi yang digunakan.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Cara Memilih Kopi yang Aman untuk Lambung"