Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Mengatasi Bayi Kembung
Perut Kembung Pada Bayi memang sering terjadi dan membuat buah hati menjadi rewel dan menangis, kerena tentu dirinya akan merasakan ketidaknyaman dengan kondisi tubuh. Ciri Perut kembung pada bayi adalah perutnya membuncit dan ketika di ketuk seperti ada ruang kosong pada perut bayi. Perut kembung pada bayi terjadi karena meningkatnya jumlah gas di dalam saluran pencernaan bayi.

Perut Kembung Pada Bayi yang berusia kurang dari 4 bulan dikarenakan organ pencernaan yang kuat, sehingga gas pada usus mudah meningkatkan. Kondisi yang menyebabkan meningkatnya gas di dalam perut bayi, diantaranya adalah:
  • Kurangnya nutrisi yang tepat  pada bayi.
  • Bayi mengalami gangguan pernapasan seperti sesak nafas sehingga udara masuk ke dalam bagian perut lebih banyak dibandingkan keadaan normal.
  • Bayi tidak dapat mentoleransi laktosa susu formula sehingga thecontent laktosa memicu peningkatan gas dalam usus atau adanya gangguan passage (perjalanan makanan). Hal ini sering terjadi pada bayi yang telah mendapatkan makanan pendamping ASI (bayi di atas 6 bulan).

Perut Kembung pada Bayi, biasanya memang membuat panik para orang tua, sehingga pada artikel ini Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan memberikan Tips bagaimana Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi, yang diantaranya adalah:
  1. Menepuk lembut bagian punggung bayi setelah minum ASI, secara lembut sambil menggendongnya hingga buah hati anda bersendawa.
  2. Menggosok bagian perut bayi secara lembut menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih. Hal ini akan memberikan kehangatan pada bagian tubuh bayi.
  3. Memberikan air hangat untuk diminum. Saat mandi sebaiknya bayi juga menggunakan air hangat, untuk mencegah sekaligus mengobati perut kembung.
  4. Waspada terhadap pemberian susu formula, karena beberapa produk susu formula yang memang tidak cocok dapat memicu perut kembung.
  5. Melakukan latihan untuk bayi, dengan cara memegang kaki bayi pada posisikan bayi terlentang, dan kemudian gerakan secara perlahan-lahan ke bagian perut. Cara ini akan meningkatkan gerakan usus dan mempermudah bayi membuang gas yang terperangkap di dalam sistem pencernaan.
  6. Membiarkan bayi tetap aktif dengan mengajaknya bermain, juga dapat membantu bayi mengeluarkan gas di dalam perut melalui sendawa.
Ringkasan:
  • Perut Kembung Pada Bayi ditandai dengan bayi rewel, perut membesar dan apabila diketuk menimbulkan bunyi yang aneh,
  • Salah satu Penyebab Perut Kembung pada Bayi adalah pemberian susu formula yang tidak cocok,
  • Untuk Mencegah Perut Kembung pada Bayi sebaiknya setelah memberikan minum selalu ditepuk-tepuk bagian punggung,

Post a Comment for "Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi"