Penyebab Bayi Gelisah dan Menangis

Cara Mengatasi Bayi Rewel
Bayi Gelisah dan Menangis atau bahkan rewel akan membuat orang tua kebingungan ketika bayi anda seringkali menangis dan rewel. Beberapa orang tua bahkan sampai kehabisan cara untuk membuat bayi tidak gelisah dan menangis lagi. Kondisi Bayi mengalami gelisah dan menangis dapat dipicu karena banyak hal, mulai dari faktor ringan hingga gangguan kesehatan pada buah hati anda.

Saat Bayi Rewel tentu untuk membuatnya diam harus diketaui penyebab utama bayi menangis terlebih dahulu. Adapun penyebab penyebab bayi gelisah dan menangis adalah sebagai berikut:
  1. Lapar, akan memicu bayi gelisah dan menangis. Rewel yang disebabkan karena bai lapar biasanya di ikuti dengan gerakan mulut bayi yang membuka dan menutup mulutnya, atau kadang dia akan menghisap jari-jari. Apabila rasa lapar sudah tidak tertahankan, maka biasanya buah hati anda akan memutar kepala ketika anda meletakan tangan di atas bibirnya. Adapun Solusi yang harus anda lakukan tentu saja adalah dengan segera memberikan ASI atau makanan pendamping ASI.
  2. Terlalu Lelah, karena seharian bermain juga akan memicu buah hati gelisah dan menangis. Tanda bayi lelah, adalah sering mengusap mata dan menguap. Dan selanjutnya bayi anda akan merengek atau menangis dengan mata tertutup. Adapun Solusi yang bisa anda lakukan adalah menghindari kebisingan dan membawa buah hati ke tempat tidur disertai dengan memutarkan musik sehingga dirinya terlelap.
  3. Perubahan Suhu cuaca yang cepat berganti, sehingga menyebabkan bayi sulit beradaptasi. Apabila suhu terlalu panas, tentu akan membuat bayi tidak nyaman. Hal ini bisa anda atasi dengan melepas selimut dan mengganti pakaian yang lebih longgar atau lengan pendek dan ajak buah hati ke ruangan yang mempunyai ventilasi yang baik. Namun apabila bayi anda kedinginan, yang ditandai dengan menggigil, lebih banyak diam, kulit bayi nampak merah atau putih, maka harus segera anda atasi dengan memberikan penghangat menggunakan minyak kayu putih dan memberikannya selimut tebal.
  4. Tumbuh Gigi, juga sering menyebabkan bayi gelisah dan menangis. Hal ini dikarenakan suhu tubuh biasanya akan naik dan disertai gusi yang membengkak dan merah bahkan menyebabkan selera makan berkurang. Adapun Solusi yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan mainan gigit yang aman untuk mengurangi rasa gatal pada gusi yang akan tumbuh gigi.
  5. Mengalami Gangguan Kesehatan, seperti; perut kembung, kolik, Flu dan demam. Dari beberapa gangguan kesehatan tersebut, akan memberikan gejala yang berbeda-beda, namun biasanya buah hati akan cepat lelah, menangis kesakitan dan terjadi peningkatan suhu tubuh. Apabila peningkatan suhu tubuh terlalu tinggi dan bayi anda sulit tidur, sehingga jam tidurnya sangat berkurang, apalagi sampai bayi anda mengalami kolik maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter anak.
Ringkasan:
  • Bayi Gelisah dan Menangis yang terus menerus akan membuat orang tua bingung bagaimana harus mengatasinya,
  • Bayi Rewel biasanya disebabkan karena Lapar, Terlalu Lelah, Perubahan Suhu cuaca, Tumbuh Gigi, Mengalami Gangguan Kesehatan,
  • Mengatasi Bayi Rewel tentu harus diketahui penyebabnya terlebih dahulu dengan memperhatikan gejala-gejala yang dialamai.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger