Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dengan Pijat Endorphin

Metode Pijat Endorphin Ibu Hamil
Menjaga Kesehatan Ibu Hamil sangat penting dilakukan, dan bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satu perawatan Ibu Hamil yang masih belum banyak diketahui, adalah Pijat Endorphin (Endorphin Massage). Endorphin Massage adalah salah satu terapi yang dilakukan Ibu Hamil, dengan melakukan sentuhan atau pijatan ringan yang bertujuan untuk meningkatkan pelepasan oksitosin dan juga endorphin.

Manfaat Terapi Endorphin Massage untuk mengelola rasa sakit, menormalkan kembali denyut dan tekanan darah, serta keluhan-keluhan lain yang biasanya dialami selama kehamilan. Terapi ini dapat juga meningkatkan relaksasi yang membuat perasaan ibu hamil lebih nyaman melalui permukaan pada kulit.

Terapi Endorphin Massage bisa dilakukan oleh ibu hamil dengan bantuan suami yang dimulai pada usia kehamilan di atas 36 minggu, untuk menghindari kontraksi yang menyebabkan kelahiran prematur. Selain bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, Terapi ini juga dapat meningkatkan ikatan ibu, suami dan janin di dalam kandungan.

Tahapan Terapi Endorphin Massage untuk Ibu Hamil


Adapun tahap-tahapan Pijat Endorphin adalah sebagai berikut:
  • Pijat Endorphin hanya boleh dilakukan oleh ibu hamil dengan usia kehamilan diatas 36 tahun. Hal ini untuk menghindari kelahiran prematur yang disebabkan karena meningkatnya hormon endorphin dan hormon oksitosin  yang dapat merangsang terjadinya kontraksi.
  • Percayalah bahwa Terapi Endorphin Massage  dapat mengurangi gangguan kehamilan dan mempermudah persalinan normal.
  • Mulai Pijat Endorphin dengan posisi duduk ataupun berbaring, dan usahakan suami berada di samping badan ibu hamil. Tarik nafas secara perlahan kemudian keluarkan dengan sangat lembut sambil memejamkan mata. Selanjutnya suami mulai mengelus menggunakan jari, permukaan kulit lengan atas ibu hamil kemudian turun hingga ke lengan bawah secara lembut. Lakukan berulang-ulang dan setelah beberapa menit, anda bisa pindah ke lengan yang lain. Selain pada lengan, gerakan ini juga dilakukan pada bagian tubuh yang lain seperti punggung, bahu, leher, dan paha Ibu Hamil.
  • Saat mengelus bagian tubuh ibu hamil, sebaiknya suami juga mengucapkan kata-kata positif, yang dapat menenangkan hati ibu hamil termasuk memberikan dukungan untuk persalinan normal.
Ringkasan:
  • Menjaga Kesehatan Ibu Hamil bisa dilakukan dengan banyak cara yang salah satunya dengan melakukan Pijat Endorphin,
  • Pijat Endorphin (Endorphin Massage) adalah teknik pemijatan yang dilakukan suami untuk ibu hamil sehingga didapatkan ketenangan dan relaksasi,
  • Metode Pijat Endorphin adalah dengan mengelus bagian tubuh terutama pada bagian tangan, punggung, leher bahu dan paha ibu hamil.

Post a Comment for "Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dengan Pijat Endorphin"