Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Sampai Usia Satu Minggu

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir
Memandikan Bayi Baru Lahir bisa dilakukan setelah selang dua hingga tiga jam, dan hindari langsung dimandikan. Hal ini dikarenakan, untuk mencegah terjadinya hipotermia (turunnya suhu tubuh bayi), sehingga dapat mengganggu kerja organ tubuh dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Untuk selanjutnya berapa banyak harus memandikan bayi juga tidak ada ukuran pasti, namun disesuaikan dengan cuaca di Indonesia, sebaiknya bayi dimandikan dua kali sehari.

Memandikan Bayi Baru Lahir sebaiknya sebelum minum susu atau makan, dengan tujuan mengurangi resiko muntah. Memandikan bayi baru lahir (usia 0-1 minggu), dengan tali pusat masih belum lepas harus sangat hati-hati. Karena, apabila tali pusat selalu basah, dapat meningkatkan risiko infeksi.

Langkah-Langkah Mandikan Bayi Baru Lahir


Memandikan bayi baru lahir sering membuat banyak orangtua berkecil hati dan takut akan melukai bayi. Untuk itu Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan memberikan Langkah-Langkah Mandikan Bayi Baru Lahir, yang diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan perlengkapan mandi bayi seperti: air hangat dengan suhu sekitar 29 derajat, dalam baskom ukuran sedang, shampo dan sabun bayi, waslap, dan handuk bayi.
  2. Buka baju bayi secara perlahan, bungkus bayi dengan handuk dan baringkan di atas alas anti air.
  3. Tutupi bagian tubuh bayi yang sedang tidak dibersihkan dengan handuk agar bayi tidak kedinginan.
  4. Bersihkan kelopak mata bagian atas bayi perlahan dengan waslap yang sudah direndam air hangat dan diperas.
  5. Selanjutnya usap telinga bayi bagian luar, lipatan-lipatan di leher, tangan dan kaki bayi.
  6. Tuangkan sedikit shampo di waslap dan gosok sampai keluar busa, setelah itu usapkan pada kepala bayi secara perlahan. Bersihkan waslap agar busa hilang dan usap kembali kepala bayi hingga tak ada busa tersisa secara lembut.
  7. Untuk area kelamin bayi, bersihkan dari arah depan ke belakang. Apabila bayi anda laki-laki maka anda tidak perlu menarik ujung penis, dan jangan lupa membersihkan bagian bawah buah zakar bayi laki-laki anda.
  8. Setelah bersih lap tubuh bayi dengan handuk kering. Untuk selanjutnya oleskan minyak kayu putih dan dibalurkan bedak, agar bayi hangat dan kulit tidak mudah terluka.
  9. Langkah terakhir memandikan bayi baru lahir yang terakhir adalah. memakaikan popok dan baju. Jangan lupa untuk meletakan lipatan popok di bawah sisa tali pusat bayi.
Ringkasan:
  • Memandikan Bayi Baru Lahir setelah selang 2-3 jam persalinan,
  • Cara Memandikan Bayi yang tali pusatnya belum lepas, cukup dengan menggunakan waslap yang direndam air hangat,
  • Tali Pusat yang sering basah dapat menyebabkan infeksi pada bayi.

Post a Comment for "Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Sampai Usia Satu Minggu"