Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menu Makanan Sehat Ibu Hamil Usia Trimester Dua

Ibu Hamil Usia Trimester Dua adalah dimana usia kehamilan memasuki bulan ke 4-6. Pada usia kehamilan ini, ibu hamil tentu sudah bisa menikmati makanan dan minuman tanpa merasakan mual dan muntah, seperti saat-saat awal kehamilan. Saat Usia Kehamilan trimester kedua, ibu hamil harus mampu menjaga keseimbangan berat badan dengan konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang.

Adapun kebutuhan gizi masing-masing ibu hamil bisa berbeda jumlah dan porsinya, namun asupan nutrisi dan vitamin tidak akan berbeda jauh. Di usia kehamilah 4 – 6 bulan, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin, protein dan jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar darah, sehingga ibu hamil terhindar dari resiko anemia.

Salah satu vitamin yang paling dibutuhkan pada usia kehamilan ini adalah vitamin D dan kalsium, sehingga pertumbuhan tulang dan gigi bayi nanti menjadi kuat. Ibu hamil juga perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak Omega-3 yang tinggi , untuk membantu perkembangan otak bayi.

Adapun contoh penyejian Menu Makanan Sehat Ibu Hamil Usia Trimester Dua yang bisa anda lakukan, bisa anda cermati pada tabel di bawah ini:
Hari
Menu
Sarapan
Makan Siang
Makanan Ringan
Makan Malam
Senin
Jus apel, bubur susu
Salad buah
Keju potong
Ayam
Selasa
Smoothies, pancake buah
salad buah dan ayam
buah-buahan
Salmon, brokoli rebus dan kentang rebus
Rabu
sereal susu dengan buah, smoothies
sup dan roti
buah-buahan
ayam
Kamis
Bubur susu dengan teh
ikan
Buah-buahan
ayam atau makanan dengan kandungan protein yang tinggi
Jum’at
Roti gandum, yougurt
Sup
buah pisang
ayam goreng mentega atau ayam goreng
Sabtu
Jus buah, pancake buah
Roti
Buah dan pancake
Mie sayuran atau ayam
Minggu
Telur dadar atau rebus, yougurt
sup dan roti
biskuit gandum
Ayam atau telur


Tabel diatas menjadi gambaran beberapa menu makanan yang dapat ibu hamil coba dirumah, sebagai menu sehat alternatif yang sebaiknya dikonsumsi untuk ibu hamil dengan usia kehamilan trimester ke dua untuk memaksimalkan pertumbuhan janin. Anda bisa membolak-balikan agar tidak bosan.

Ringkasan:
  • Ibu dengan usia kehamilan trimester kedua harus mampu menjaga keseimbangan konsumsi makanan bergizi,
  • Menu Makanan Sehat Ibu Hamil Usia Trimester Dua sebaiknya bervariasi agar tidak mudah bosan dan kebutuhan gizi terpenuhi,
  • Vitamin D dan kalsium dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi janin.

Post a Comment for "Menu Makanan Sehat Ibu Hamil Usia Trimester Dua"