Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencegah Batu Ginjal Kambuh Kembali

Mengobati Batu Ginjal
Batu Ginjal adalah massa keras seperti batu yang terbentuk di dalam ginjal, dengan proses pembentukan batu ginjal disebut urolitiasis (litiasis renalis, nefrolitiasis). Batu ginjal yang berada di ureter akan menyebabkan sakit parah kram, mual dan muntah. Batu ginjal lebih banyak diderita oleh Pria dibandingkan wanita. Sebenarnya Batu ini tidak hanya bisa berada di ginjal, namun juga bisa terdapat pada pelvis ginjal dan saluran kemih.

Batu ginjal bisa diatasi dengan dipecahkan dengan obat, oleh gelombang ultrasonik, atau dengan operasi tergantung dengan besarnya batu ginjal yang mengendap. Perlu anda ketahui bahwa batu ginjal yang sudah diambil melalui operasi bisa kambuh kembali apadila tidak dilakukan pencegahan hanya dalam waktu sekitar lima tahun.

Cara paling sederhana Mencegah Batu Ginjal Kambuh Kembali, adalah dengan memperbanyak minum air, sehingga paling tidak dapat menghasilkan 2 liter urin setiap hari. Berdasarkan pedoman baru dari American College of Physicians, cara ini bisa menurunkan resiko kekambuhan batu ginjal hingga sebesar 50%.  Pedoman tersebut dikeluarkan setelah adanya pengamatan dari berbagai publikasi ilmiah mengenai batu ginjal, yang ditulis dari tahun 1948 sampai dengan 2014.

Adapun cara lain untuk Mencegah Batu Ginjal Kambuh Kembali, adalah mengurangi makanan yang mengandung oksalat (zata yang menjadi unsur utama pembentuk batu ginjal). Adapun makanan yang mengandung oksalat adalah bayam, bit, rhubarb, stroberi, jenis kacang-kacangan, cokelat, teh dan gandum. Seseorang yang pernah menderita batu ginjal juga harus menghindari minuman bersoda, terutama cola, yang diasamkan menggunakan asam fosfat.

Mencegah Batu Ginjal Kambuh Kembali setelah operasi juga dapat dibantu dengan menggunakan obat-obatan yang bertujuan mengurangi produksi zat allopurinol, sitrat, dan diuretik thiazide yang bisa mengendap di ginjal dan merangsang produksi urin untuk membuang zat-zat tersebut.

Ringkasan:
  • Batu ginjal adalah hasil dari kristalisasi urin yang dapat terbentuk di ginjal, pelvis ginjal dan saluran kemih,
  • Mengatasi batu ginjal bisa dengan obat, sinar ultrasonik dan operasi,
  • Mencegah Batu Ginjal Kambuh bisa dilakukan dengan banyak minum, menghindari makanan mengandung oksalat dan minum obat teratur.

Post a Comment for "Mencegah Batu Ginjal Kambuh Kembali"