Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Alami Mencegah Bayi Cacingan

Bayi Cacingan menjadi gangguan kesehatan yang ditakuti oleh para orang tua, hal ini karena cacingan dapat menghambat perkembangan tubuh bayi sehingga dia akan terlihat lebih kurus, perut membuncit dan sering sakit. Bayi cacingan harus diatasi dengan cepat, agar pertumbuhan tubuh dan kecerdasannya tetap maksimal.

Perlu anda ketahui bahwa, bayi cacingan tidak hanya mempengaruhi perkembangan dan kesehatan fisik, namun juga mempengaruhi  kecerdasan mental bayi di masa depan. Kecerdasan mental dapat terganggu karena nutrisi yang akan masuk ke tubuh tidak dapat diserap secara baik.

Cacing-cacing di dalam system pencernaan bayi akan ikut menyerap nutrisi yang masuk, sehingga harus segera diatasi dengan beberapa cara sebagai berikut:
  • Memastikan lingkungan tempat tinggal dan tempat bermain bayi selalu bersih. Faktor menjadi penyebab utama bayi cacingan, sehingga pastikan sumber air untuk keperluan rumah tangga tetap bersih, serta rumah dan kebun rumah bebas dari kotoran hewan.
  • Pengaruh orang tua untuk melakukan hidup bersih dan sehat, dengan cara mencuci bersih semua bahan-bahan makanan yang akan dimasak dan dikonsumsi, mencuci tangan sebelum memasak, mencuci peralatan dapur dengan benar, mencuci peralatan bayi dengan baik, memotong kuku orang tua dan bayi dengan rutin, dan pastikan daging yang diberikan kepada bayi benar-benar matang.
  • Menghindarkan cacing masuk ke dalam tubuh bayi, dengan cara; membiasakan mandi 2 kali sehari, tambahkan antiseptik khusus bayi pada bak mandi bayi, potonh kuku tangan dan kaki bayi seminggu sekali, saat keluar rumah biasakan menggunakan alas kaki, pakaian bayi harus selalu baju bersih, hindarkan bayi bermain di tanah yang dikhawatirkan telah terkontaminasi oleh kotoran hewan. Selanjutnya , berikan kebiasaan baik terhadap bayi untuk selalu mencuci tangan setelah bermain dan sebelum makan.
  • Memberikan obat cacing kepada bayi secara rutin untuk mencegah penyakit cacingan dan membiasakan bayi buang air di toilet.
Faktor-faktor tersebut di atas merupakan beberapa cara alami untuk mengurangi cacingan pada bayi. Sehingga anda perlu mencoba untuk melakukan hal-hal tersebut agar buah hati terbebas dari cacing parasit yang dapat mengganggu kesehatan tubuh maupun mental.

Ringkasan:
  • Cacing parasit pada bayi akan ikut menyerap nutrisi yang masuk ke pencernaan bayi,
  • Kurangnya nutrisi pada bayi akan menyebabkan perkembanan tubuh dan kecerdasan bayi terganggu,
  • Cara Alami Mencegah Bayi Cacingan adalah dengan menjaga pola hidup sehat seluruh keluarga, menjaga kebersihan lingkungan dan memberikan obat cacing secara rutin.

Post a Comment for "Cara Alami Mencegah Bayi Cacingan"