Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Asparagus Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Mengolah Sayur Asparagus
Asparagus adalah tumbuhan saka dengan batang kecil, yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, karena banyak mengandung asam folat, senyawa glutathion dan inulin. Jenis Sayuran ini diketahui bermanfaat unuk sistem kardiovaskular, memperbaiki fungsi hati, mencegah kram, dan memperbaiki ginjal. Sedangkan untuk ibu hamil, Asparagus dapat mencegah terjadinya cacat pada janin yang berhubungan dengan saraf janin, spina bifida dan juga anencephali.

Kandungan asam folat pada sayur asparagus juga bermanfaat untuk mengatasi hipertensi pada ibu hamil, menurunkan kadar homosistein agar peredaran darah di dalam tubuh ibu hamil lebih lancar, membantu sel sel baru dalam proses replikasi DNA di usia awal kehamilan dan menekan serangan jantung dan kanker pada ibu hamil.

Selain asam folat, asparagus juga mengandung senyawa glutathion yang berguna sebagai antioksidan untuk menangkal serangan dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Hal ini perlu mendapat perhatian, karena radikal bebas untuk ibu hamil dapat menyebabkan kerusakan DNA dan sel sel lain pada tubuh janin didalam kandungan.

Kandungan inulin pada sayur Asparagus bermanfaat untuk kesehatan saluran pencernaan ibu hamil. Inulin adalah jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia, namun berperan dalam kandungan bakteri baik dalam saluran pencernaan, sekaligus melindungi tubuh dari serangan bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh.

Pengolahan Sayur Asparagus



Penyajian sayur asparagus bisa dilakukan dengan berbagai cara, yang diantaranya dengan campuran tumisan lain atau diolah menjadi sup. Asparagus tidak membahayakan kesehatan ibu hamil selama porsi yang dikonsumsi tidak berlebihan.

Manfaat Asparagus untuk Ibu Menyusui



Sejak dahulu Asparagus telah digunakan sebagai obat khusus untuk meningkatkan produksi ASI ibu menyusui. Asparagus bekerja dengan menyeimbangkan hormon ibu menyusui sehingga produksi ASI bisa lebih banyak. Namun tentu ibu menyusui harus tetap memberikan ASI kepada buah hati secara rutin.

Ringkasan:
  • Asparagus merupakan sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil karena  mengandung asam folat, senyawa glutathion dan inulin,
  • Asam folat pada Asparagus bisa mencegah kecacatan pada janin di dalam kandungan ibu hamil,
  • Sayur asparagus bisa diolah sebagai campuran tumisan lain atau diolah menjadi sup.

Post a Comment for "Manfaat Asparagus Untuk Ibu Hamil dan Menyusui"