Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kartu BPJS Kesehatan Aktif setelah Satu Bulan?

Aktivasi Kartu BPJS Kesehatan
Kartu BPJS Kesehatan Aktif saat ini aktif setelah 7 hari pendaftaran, namun Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan bahwa Masa aktivasi kartu BPJS Kesehatan akan diperpanjang menjadi satu bulan. Kebijakan dimaksudkan untuk menerapkan kedisiplinan calon peserta BPJS sesuai prinsip asuransi pada umumnya.

Memang asuransi sosial umumnya menerapkan masa berlaku aktivasi keanggotaan paling cepat setelah 1 bulan dari pendaftaran BPJS. Hal ini berarti, bahwa peserta baru bisa mendapatkan jaminan kesehatan setelah mendaftar satu bulan, dan tidak bisa langsung digunakan.

Hal ini meninjau sejumlah Negara maju, yang menerapkan kebijakan masa aktivasi kartu jaminan kesehatan yang lebih lama .Salah satu contoh Negara Kanada memberlakukan masa aktivasi kartu asuransi kesehatan setelah 3 bulan setelah pendaftaran. Kebijakan aktivasi kartu BPJS Kesehatan tidak mungkin dihindari, karena selama ini ada kecenderungan masyarakat mendaftar BPJS Kesehatan setelah dirinya sudah jatuh sakit.

BPJS Kesehatan bersifat wajib untuk masyarakat indonesia, sehingga Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil menghimbau masyarakat untuk mendaftar saat masih sehat sehingga subsidi silang bisa berjalan.

BPJS adalah program pemerintah, namun tentu BPJS Kesehatan tetap harus memiliki aturan main yang tidak jauh berbeda dengan asuransi swasta. Jika tidak demikian, maka BPJS Kesehatan tidak akan mampu bertahan lama.

Ringkasan:
  • Masa Aktif kartu BPJS akan direvisi lebih lama lagi,
  • Aktivasi Kartu BPJS yang lebih lama diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendaftar BPJS sebelum sakit.

Post a Comment for "Kartu BPJS Kesehatan Aktif setelah Satu Bulan?"