Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anak Lebih Cerdas Dengan ASI Eksklusif

Manfaat ASI Eksklusif
Pemberian ASI Eksklusif yang selalu direkomendasikan oleh tenaga medis kepada ibu menyusui memang mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah anak akan lebih cerdas ketika dewasa, hal ini dibuktikan berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam The Lancet Global Health. Hal ini menambah bukti-bukti yang mendukung dan menegaskan manfaat pemberian ASI eksklusif selama enam bulan setelah dilahirkan dan dilanjutkan sampai bayi berusia 2 tahun.

Bayi yang mendapatkan ASI Eksklusif akan mempunyai kecerdasan intelektual (IQ) lebih tinggi, sehingga cenderung dapat menyelesaikan jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan tentu memperoleh pendapatan yang lebih banyak.

Selain meningkatkan kecerdasan, manfaat lain yang diperoleh dari bayi yang mendapatkan ASI adalah menurunkan risiko infeksi pernapasan dan pencernaan, mencegah risiko kematian mendadak pada bayi.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam The Lancet Global Health, bayi yang diberi ASI lebih lama, mempunyai skor tes kecerdasan intelektual yang lebih tinggi saat dewasa. Selain itu mereka juga cenderung menghasilkan pendapatan lebih besar dan menyelesaikan jenjang pendidikan lebih tinggi.

Hubungan antara ASI dan IQ, adalah karena ASI menjadi sumber asam lemak yang penting bagi perkembangan otak bayi sehingga mampu berkembang lebih maksimal. Memberikan ASI merupakan salah satu dari banyak faktor memberikan kontribusi terhadap hasil akhir seorang anak.

Promosi menyusui bayi hingga umur minimal 2 tahun perlu diperkuat agar calon ibu menyadari manfaat dari memberikan ASI terhadap masa depan buah hati. Dan dukungan terhadap ibu baru untuk menyusui bayinya, seperti ditegaskan oleh Janet Fyle dari Royal College of Midwives juga sangat dibutuhkan.

Ringkasan:
  • Pemberian ASI Eksklusif selama enam bulan dan dilanjutkan sampai usia dua tahun akan membuat bayi lebih cerdas,
  • Bayi yang mendapatkan ASI juga akan lebih kebal terhadap infeksi pernapasan dan pencernaan.

Post a Comment for "Anak Lebih Cerdas Dengan ASI Eksklusif"