Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sayuran Hijau Penyebab Batu Ginjal

Mengatasi batu ginjal
Penyakit batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang menakutkan, karena tidak sedikit yang mengalami dan akibatnya bisa serius. Batu ginjal terbentuk dari gumpalan magnesium, kalsium, dan asam urat, yang disebabkan oleh beberapa faktor dan salah satunya adalah jenis makanan yang dikonsumsi.

Makanan yang diketahui memicu terbentuknya batu ginjal adalah sayuran hijau, hal ini dikarenakan sayuran hijau yang mengandung banyak vitamin dan serat mengandung oksalat. Apabila mengkonsumsi sayuran hijau terlalu tinggi, maka akan meningkatkan jumlah oksalat dalam urine, yang berikatan dengan kalsium dalam urine sehingga membentuk batu ginjal kalsium oksalat. Adapun sayuran hijau yang mengandung oksalat adalah kale, bit hijau, kacang-kacangan, lobak, bayam, bubuk cokelat, wheat bran, dan kedelai.

Batu ginjal juga bisa disebabkan karena konsumsi makanan mengandung tinggi protein. Protein hewani mengumpulkan banyak garam dan asam ke urine, yang menyebabkan munculnya batu ginjal.  Hal ini yang menyebabkan orang yang mempunyai pola makan vegetarian dan vegan lebih jarang mengalami penyakit batu ginjal. Selain masalah makanan Batu Ginjal juga disebabkan karena sering Menahan Kencing.

Penyebab Penyakit Batu Ginjal yang lain diantaranya adalah keturunan, obesitas, dan kekurangan magnesium. Ahli urologi, Philip Buffington, MD mengatakan, cara terbaik untuk menghindari risiko pembentukan batu ginjal adalah dengan mengurangi makanan yang mengandung oksalat tinggi.  Namun tentu bukan berarti harus menghindari sayur dalam asupan sehari-hari, namun cukup dibatasi konsumsinya saja.

Untuk mengurangi kadar oksalat dan menghambat pembentukan batu ginjal, bisa dilakukan adalah mengkonsumsi cukup air, mengurangi penggunaan garam pada masakan, dan menambahkan perasan jeruk (seperti lemon atau jeruk biasa) dalam minuman untuk mengurangi protein hewani.

Mengurangi resiko penyakit batu ginjal juga bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium dan oksalat secara bersamaan. Hal ini disebabkan karena makanan mengandung kalsium dan oksalat secara bersamaan akan saling mengikat dalam lambung dan usus, sehingga zat tersebut akan mengendap dalam ginjal dan urin. Agar lebih sehat Philip Buffington juga menyarankan untuk minum segelas susu atau yoghurt sebagai pendamping dari makanan yang Anda konsumsi.

Ringkasan:
  • Sayuran Hijau mengandung banyak vitamin dan serat mengandung oksalat memicu terjadinya  Batu Ginjal,
  • Sayuran pemicu batu ginjal diantaranya adalah kale, bit hijau, kacang-kacangan, lobak, bayam, bubuk cokelat, wheat bran, dan kedelai,
  • Mengurangi resiko penyakit batu ginjal bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung oksalat dan kalsium bersamaan,

Post a Comment for "Sayuran Hijau Penyebab Batu Ginjal"