Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemanis Alami yang Aman untuk Anak-Anak

Anak-anak tentu suka makan dan minum yang manis, namun anda sebagai orang tua yang bijak sebaiknya berhati-hati karena makan dan minuman manis bisa membuat anak obesitas. Bagi orang tua yang mempunyai anak suka mengkonsumsi permen, cokelat, cake atau ice cream sebaiknya mencoba mengolah sendiri makanan tersebut dengan menggunakan pemanis alami sebagai berikut:

Madu yang terasa manis bisa menjadi pemanis makanan yang aman dan sehat untuk anak-anak. Madu mengandung banyak vitamin, mineral dan mempunyai sifat antibakteri yang dapat membantu melawan pilek dan mencegah radang gusi pada anak-anak. Selian itu, madu juga dikenal dapat membantu mengurangi kecemasan, dan mengobati gangguan pencernaan anak. Madu bisa digunakan sebagai pemanis alami pada roti atau kue yang tentu sehat untuk buah hati anda.

Nectar agave, adalah pemanis alami yang diekstrak dari kaktus seperti tanaman agave. Nectar agave bisa digunakan sebagai tambahan minuman teh herbal atau sirup buatan. Pemanis alami ini juga bisa digunakan sebagai selai untuk roti saat sarapan buah hati. Penggunaan Nectar agave harus dalam batas yang wajar, karena dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Gula kelapa, merupakan pemanis alami yang dibuat dari nira pohon kelapa. Rasa gula ini sering dibandingkan dengan gula merah dengan sedikit karamel, sehingga bisa dijadikan pengganti pemanis dalam hidangan penutup. Gula kelapa adalah pemanis alami yang mempunyai glikemik rendah, sehingga sistem pencernaan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memecahnya menjadi glukosa. Gula kelapa juga mengandung banyak glutamin, yang menjadi senyawa anti peradangan.

Sirup maple adalah pemanis alami yang diekstrak langsung dari getah maple. Pada pemanis alami ini, terdapat seng, magnesium, dan zat besi sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, sirup maple mengandung antioksidan yang mempunyai sifat anti-bakteri, anti-kanker, dan anti-diabetes. Pemanis almi ini biasanya digunakan untuk pancake, pemanis havermut, dan kue.

Stevia adalah pemanis alami yang dibuat dari daun tanaman Stevia, dan biasanya dijual dalam bentuk bubuk dan cair. Stevia mempunyai rasa lebih manis apabila dibandingkan dengan gula, sehingga untuk pemakaiannya hanya membutuhkan jumlah yang sedikit. Pemanis ini bebas kalori, sehingga juga baik digunakan bagi anda yang ingin menuurnkan berat badan.

Menggunakan Pemanis alami untuk makanan dan minuman anak, tidak hanya memberikan rasa manis pada, namun juga lebih bergizi dan aman bagi kesehatan anak sehingga pertumbuhannya menjadi lebih maksimal

Ringkasan:
  • Gula biasa untuk pemanis makanan dan minuman anak akan meningkatkan resiko obesitas,
  • Pemanis Alami yang aman untuk anak-anak diantaranya Madu, Nectar agave, Gula kelapa, Sirup maple dan Stevia.
  • Pemanis Alami bisa digunakan pada makanan seperti kue, cake atau ice cream.

Post a Comment for "Pemanis Alami yang Aman untuk Anak-Anak"