Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit pada Anak yang Paling Sering Terjadi

Kesehatan Anak
Penyakit pada Anak memang beragam, terutama pada bayi berusia diatas 1 tahun, maka biasanya akan lebih sering terserang penyakit. Hal ini disebabkan karena asupan ASI anak usia satu tahun lebih mulai berkurang. Anda tentu tahu bahwa di dalam ASI mengandung banyak manfaat salah satunya adalah membentuk antibody bayi lebih kebal.

Adapun Penyebab penyakit pada Anak yang sering terjadi dan cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

Pilek pada anak biasanya diawali dengan suhu tubuh meningkat, dilanjutkan dengan hidung berlendir anak agak sulit bernafas. Pilek pada anak, disebabkan karena virus influenza atau alergi rhinitis (radang selaput lendir hidung), yang disebabkan karena bulu hewan, debu, atau kapas/kapuk, dengan gejala hidung berlendir namun tidak disertai demam sebelumnya. Gangguan kesehatan pada anak ini bisa sembuh sendiri dalam waktu beberapa hari dengan meningkatkan gizi dan berjemur di pagi hari. Namun apabila tidak sembuh dalam waktu satu minggu, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Batuk pada Anak biasanya disebabkan karena adanya infeksi saluran napas dan alergi. Infeksi saluran pernapasan sendiri dibagi menjadi infeksi saluran napas atas dan infeksi saluran napas bawah. Batuk yang disebabkan karena infeksi saluran napas atas biasanya lebih ringan (karena flu, amandel, atau radang tenggorokan). Sedangkan, batuk pada anak yang disebabkan karena infeksi saluran napas bawah biasanya disebabkan karena radang paru. Batuk pada anak juga bisa disebabkan karena masuknya cairan atau benda asing ke paru-paru seperti ketika minum susu, atau anak makan keripik.

Diare pada Anak ditandai dengan keluarnya feses yang berair dan dengan intensitas lebih sering. Daire bisa disebabkan karena infeksi oleh mikroorganisme seperti virus, bakteri, parasit, tidak cocok dengan makanan tertentu, alergi susu sapi atau bisa juga disebabkan karena konsumsi obat-obatan, terutama antibiotic, dan penggunaan pemanis buatan. Apabila anak mengalami diare disertai muntah, tidak mau minum, mata tampak cekung, rewel, dan berat badan turun segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Untuk mencegah anak terkena diare dan juga gangguan kesehatan anak yang lain, sebaiknya orang tua menjamin kualitas makanan anak, menjaga kebersihan rumah, tempat makan dan hindarkan dari orang atau anak lain yang sedang sakit.

Ringkasan:
  • Anak usia lebih dari satu tahun akan lebih mudah sakit karena asupan ASI yang semakin berkurang,
  • Penyakit yang sering terjadi pada anak seperti pilek, batuk dan diare,
  • Mencegah Penyakit pada anak bisa dilakukan dengan menjaga kualitas makaanan, kebersihan dan sering mengajak anak untuk berjemur matahari di pagi hari.

Post a Comment for "Penyakit pada Anak yang Paling Sering Terjadi"