Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengelola Stres agar Memberikan Efek Positif

Cara Mengelola Stres
Stres bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, karena sepanjang anda mampu mengelolanya dengan baik, stres bisa memberikan dampak positif dan memberikan makna pada hidup anda. Perbedaan antara stres buruk dan baik, adalah tergantung cara anda melihat situasinya. Hal ini berbeda antara merasa distres (sisi jelek dari stres yang dikenal dengan baik) versus eustres dan rasa baik atas stres.

Sebagai contoh, penelitian yang dilakukan tahun 2013 menjumpai orang yang melihat stres sebagai respon alami, mampu mencegah rasa panik dengan lebih baik dan mereka dapat menjalani tugas untuk berbicara di depan umum dengan lebih baik.

Anda tentu tahu bahwa berbicara di depan umum, bisa menjadi hal penuh tekanan bagi banyak orang, namun bagi seseorang yang bisa mengelola stres hal ini tidak akan lagi menjadi masalah. Strategi untuk mengubah situasi, seperti berbicara di depan umum yang menjadi ketakutan mengerikan menjadi tantangan penuh motivasi bagi orang yang mudah mengelola stres.

Stres juga lebih dari sekadar masalah yang harus dihadapi, sehingga bisa menjadi pengingat bahwa sesekali waktu anda perlu melakukan sesuatu yang disukai. Selalu ingat bahwa “Anda tidak akan stres atas sesuatu yang tidak Anda pedulikan. Dan Anda tidak akan bisa menciptakan kehidupan penuh arti, tanpa mengalami sejumlah stres”. Tanpa stres, Anda tidak akan memiliki hubungan jangka panjang maupun pertemanan dan dengan stres anda akan menjadi sosok yang bijak atau kuat.

Bertahan dalam situasi penuh tekanan dan mengatasinya dengan efektif akan menjadi lebih berarti dibandingkan anda menghindarinya. Pada kondisi setelahnya Anda juga akan menjadi lebih kreatif dan bertanggung jawab dengan tekanan yang dialami di masa mendatang.

Ringkasan:
  • Stres tidak hanya memberikan dampak negatif, namun bisa memberikan makna pada hidup,
  • Pengelolaan stres yang tepat akan menjadikan seseorang lebih bijak dan kuat,

Post a Comment for "Cara Mengelola Stres agar Memberikan Efek Positif"