Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperlancar ASI dan tetap Berkualitas

ASI Berkualitas
Memperlancar ASI sering menjadi masalah untuk para wanita, karena memang pada kenyataannya tidak semua ibu mampu menghasilkan ASI yang berlimpah. Namun bagi anda yang ingin mempunyai ASI yang cukup, harus mempersiapkan sejak awal kehamilan agar ASI lancar dan berkualitas saat diberikan pada bayi setelah persalinan.

Persiapan untuk memberikan ASI eksklusif harus dipersiapkan sejak hamil, dengan niat yang kuat, disertai tindakan-tindakan seperti penjelasan dibawah ini:
  • Ibu harus percaya diri dan yakin mampu memberikan ASI untuk bayi. Rasa percaya diri dan kenyakinan ini dapat meningkatkan hormon oksitosin yang berperan untuk produksi ASI.
  • Pastikan melakukan Teknik menyusui dengan benar, yaitu dengan tidak perlu menekan puting susu. Saat memberikan ASI, usahakan sebagian besar kalang payudara masuk ke mulut bayi sehingga puting berada di bawah langit-langit dan lidah bayi akan menekan ASI keluar. Biasanya ASI akan habis setelah diminum selama 10-15 menit dan akan kembali penuh setelah 2 jam.
  • Jangan berikan susu formula, terutama pada bayi berusia dibawah 6 bulan. Hal ini dikarenakan Susu formula akan membuat bayi kenyang, sehingga konsumsi ASI berkurang dan otomatis isapan bayi pada payudara ibu yang dapat merangsang produksi ASI juga akan berkurang.
  • Hindari stres, agar produksi hormon oksitosin yang merangsang produksi ASI tetap cukup.
  • Ibu Menyusui harus mengkonsumsi makanan bergizi agar produksi ASI tetap stabil.
  • Pijat punggung Ibu Menyusui dapat merangsang pengeluaran hormon oksitosin, yang berpengaruh terhadap produksi ASI. Teknik pemijatan punggung ini adalah dengan melakukan pemijatan punggung dapat dilakukan perlahan menggunakan ibu jari.
  • Tetap Memerah dan menyimpan ASI bagi wanita karier.
  • Ibu Menyusui juga bisa mengkonsumsi makanan untuk merangsang produksi ASI seperti daun katuk dan kacang-kacangan), herbal  seperti Fenugreek, atau obat yang dapat meningkatkan produksi ASI.
Kesuksesan program ASI eksklusif tidak lepas dari dukungan suami, keluarga, teman dan tenaga kesehatan. Suami harus menjaga pikiran ibu menyusui tetap rileks. Dam apabila  ASI tidak bisa banyak keluar, sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter atau bidan. Tenaga biasanya akan memberikan obat yang mengandung galaktogogen seperti Domperidon dan Metoclopramide.

Ringkasan:
  • Memperlancar ASI dan tetap Berkualitas bisa direncanakan mulai saat ibu hamil,
  • Rasa percaya diri dan dukungan orang-orang terdekat akan berpengauh terhadap kesuksesan dalam pemberian ASI eksklusif.

Post a Comment for "Cara Memperlancar ASI dan tetap Berkualitas"