Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Awas Boraks Pada Sayur Daun Singkong Masakan Padang

Boraks Pada Sayur Daun Singkong Masakan Padang
Bagi anda yang suka membeli makanan padang, harus lebih berhati-hati karena ternyata ada oknum pemilik rumah makan padang yang menambahkan boraks saat merebus daun ketela. Ya daun ketela yang menjadi pelengkap sayur padang yang seharusnya menyehatkan malah bisa menjadi berbahaya untuk anda.

salah seorang pedagang nasi padang di Yogyakarta yang bernama Faisal (32), menjelaskan, seharusnya daun singkong yang direbus dengan cara yang aman, setelah matang warnanya akan hijau tua menuju kehitam-hitaman. Namun apabila ditambahkan  boraks atau bleng saat merebus, maka warna daun singkong akan tetap hijau segar.

Boraks atau bleng itu digunakan untuk membuat daun ketela menjadi cepat empuk, tahan lama, dan warnanya menjadi lebih bagus bagus. Menurut Faisal banyak para pedagang dan pemilik rumah makan padang, tidak tahu bahwa bleng adalah nama lain dari boraks. Mereka menganggap, dengan nama yang tidak identik, sehingga kandungannya juga jauh berbeda. Padahal, bleng adalah nama lain dari boraks.

Boraks memang bukan benar-benar racun, namun tentu penggunaannya tidak  berarti aman. Karena apalagi dikonsumsi secara rutin bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker. Kebanyakan orang salah pengertian. Kalau sayuran rebus berwarna hijau seger dikiranya masih bervitamin. Tapi kan kenyataannya nggak semua kayak gitu.

Dari penjelasan diatas sebaiknya anda, keluarga, teman dan orang-oarang yang ada disekitar anda lebih berhati-hati saat akan mengkonsumsi daun singkong di warung padang. Pilihlah daun singkong dengan warna yang hijau kehitam-hitaman, dan apabila warnanya mencurigakan sebaiknya anda memilih warung padang yang lain.

Ringkasan:
  • Tidak sedikit warung padang yang menambahkan boraks atau bleng saat merebus daun ketela,
  • Daun ketela yang direbus menggunakan boraks atau bleng terlihat lebih segar sedangkan yang tidak akan terlihat hijau hijau kehitam-hitaman.
  • Konsumsi rutin borack atau bleng bisa menyebabkan berbagai penyakit termasuk kanker.

Post a Comment for "Awas Boraks Pada Sayur Daun Singkong Masakan Padang"