Radang Kelenjar Susu Mastitis pada Ibu Menyusui

Payudara Bengkak pada Ibu Menyusui
Radang Kelenjar Susu atau Mastitis disebabkan karena infeksi bakteri pada payudara dan lebih sering terjadi pada Ibu Menyusui. Bakteri penyebab Mastitis biasanya masuk ke payudara melalui retakan atau lecet pada puting, bahkan bisa juga masuk melalui puting yang benar-benar tidak bermasalah.

Radang Kelenjar Susu Mastitis berbeda dengan saluran Kelanjar ASI yang tersumbat, karena saluran ASI tersumbat bukan infeksi, sehingga tidak perlu diobati dengan antibiotik. Saluran ASI tersumbat ditandai dengan rasa sakit pada payudara, Payudara Bengkak dan pengumpulan massa di payudara Ibu Menyusui. Sedangkan pada Mastitis akan disertai Demam.

Pemicu Radang Kelenjar Susu Mastitis adalah, pelekatan saat menyusui yang buruk, dan pengosongan payudara menjadi tidak maksimal. Sehingga bisa diatasi meneruskan pemberian ASI dengan cara yang lebih baik, atau anda juga bisa menggunakan pompa ASI agar sumbatan ASI bisa hilang.

Apabila Bunda mengalami Mastitis, sebaiknya mencoba untuk beristirahat untuk melawan infeksi. Anda harus Tetap menyusui pada bagian yang sakit, karena memang hal ini tidak akan memperparah gangguan kesehatan payudara Bunda. Agar sakit yang Bunda rasakan tidak terlalu parah, gunakan payudara yang tidak sakit dan apabila sudah tidak terlalu sakit, susui buah hati anda dengan payudara yang terkena Mastitis.

Demam saat Bunda mengalami Mastitis tidak perlu dikhawatirkan dan tidak perlu diatasi dengan obat, karena kondisi ini merupakan mekanisme tubuh untuk melawan infeksi. Demam juga tidak membuat kualitas ASI menjadi buruk!

Untuk mengurangi rasa sakit akibat Radang Kelenjar Susu Mastitis, bunda juga bisa mengompres payudara dengan menggunakan botol yang diisi dengan air hangat. Bunda Juga Bisa meletakkan irisan kentang mentah pada payudara selama 15 – 20 menit dan diulangi menggunakan irisan kentang baru secara terus menerus dengan jeda 20-30 menit.

Pengobatan Radang Kelenjar Susu Mastitis sebaiknya menghindari penggunaan antibiotik karena sebenarnya mastitis bisa sembuh dengan sendirinya dan antibiotik dapat mengakibatkan infeksi Candida (jamur) pada puting dan/atau payudara.

Apabila gejala Radang Kelenjar Susu Mastitis tidak berkurang dalam waktu tiga hari sebaiknya anda melakukan konsultasi dan pengobatan dengan dokter, sehingga anda akan diberikan obat yang tepat dan aman untuk buah hati anda.

Ringkasan:
  • Penyebab Radang Kelenjar Susu Mastitis adalah infeksi bakteri yang sering terjadi pada Ibu Menyusui,
  • Radang Kelenjar Susu tidak akan mengganggu produksi ASI selama Bunda tetap memberikan ASI kepada Buah Hati,
  • Pengobatan Radang Kelenjar Susu Mastitis sebaiknya secara alami dan tidak menggunakan anti biotik.

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger