Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Alami

Infeksi Saluran Kemih (ISK) ditandai dengan sering kencing, namun terasa tidak tuntas, dan disertai nyeri di perut bagian bawah. Gangguan Kesehatan ini disebabkan karena infeksi bakteri, virus dan jamur pada saluran kemih yang terdiri dari ginjal, kandung kemih, ureter serta uretra. Infeksi tersebut bisa terjadi pada salah satu bagian organ kemih atau beberapa bagian sekaligus.

Infeksi Saluran Kemih bisa menyerang siapa saja, namun memang yang paling sering adalah menyerang wanita. Hal ini dikarenakan saluran kemih wanita yang pendek sekitar 2-2,5 cm,  sedangkan Saluran Kemih pria punya saluran kemih lebih panjang sehingga kuman lebih sulit masuk.

Mengobati Infeksi Saluran Kemih umumnya dengan diterapi pemberian antibiotik, minum banyak air putih dan selalu menjaga kebersihan alat kelamin wanita. Selain pengobatan oleh dokter anda juga bisa pengobatan Infeksi Saluran Kemih Secara Alami, yaitu dengan cara mengkonsumsi buah cranberry.

Buah cranberry dapat membantu penyembuhan Infeksi Saluran Kemih atau Infeksi Saluran Kencing dibuktikan dengan penelitian yang Cochrane Library (January 2008). Buah mengandung suatu senyawa yang membuat bakteri sulit melekat pada dinding kandung kemih, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit ISK. Adapun terapi yang dilakukan adalah dengan meminum delapan hingga enam belas ons jus cranberry tanpa gula atau anda juga bisa mengkonsumsi 500 mg ekstrak cranberry per hari.

Selain itu mengkonsumsi buah cranberry, Anda juga bisa menambahkan asupan probiotik pada menu harian. Probiotik adalah suplemen yang mengandung bakteri yang berguna dengan asam laktat bakteri. Wanita yang rajin mengonsumsi makanan mengandung probiotik akan lebih jarang terkena infeksi saluran kemih, memiliki kesehatan yang baik, dan dapat mengurangi populasi bakteri jahat dalam usus. Probiotik dapat diperoleh dari produk susu, seperti yogurt, kefir, keju, atau kemasan berbentuk tablet atau pil.

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Kambuh Kembali:
  • Jangan Menahan Kencing,
  • Saat BAB atau BAK Bersihkan organ intim dari arah depan ke belakang, dan jangan gunakan produk pembersih organ intim yang mengandung pewangi,
  • Biasakan Kencing setelah melakukan berhubungan suami istri, agar uretra (saluran kemih) tidak teriritasi oleh bakteri. emih
  • Biasakan minum air putih sesuai kebutuhan, sehingga kencing lebih lancer dan terhindah dari bakteri yang berkembang biak di dalam kandung kemih..
Ringkasan:
  • Gejala Infeksi Saluran Kemih adalah sering kencing namun terasa tidak tuntas dan disertai nyeri di perut bagian bawah,
  • Mengobati Infeksi Saluran Kemih yang paling mudah adalah  dengan terapi antibiotik dari dokter,
  • Infeksi Saluran Kemih bisa diobati dengan cara alami seperti mengkonsumsi Buah cranberry.

Post a Comment for "Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Alami"