Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengetahuan Tentang Alat Kontrasepsi Implan atau Susuk

KB Susuk
Mengenal berbagai jenis dan tipe alat kontrasepsi bisa membuat Anda dan pasangan lebih memahami pentingnya informasi tentang kontrasepsi. Hal ini tidak hanya sekedar alat untuk menunda kehamilan bagi pasangan yang belum ingin mempunyai keturunan. Dalam memahami alat untuk kontrasepsi, konsultasikan kepada dokter spesialisnya agar semua keputusan yang diambil adalah benar.

Untuk menunjang kebutuhan informasi tentang alat untuk kontrasepsi ini, kami akan memaparkan suatu jenis kontrasepsi pilihan bagi pasangan dalam menunda kehamilan yaitu alat kontrasepsi implant. Well, bunda, sudah tahukan Anda tentang alat ini? Kontrasepsi KB implan atau KB Susuk merupakan suatu tabung kecil yang biasanya dipasang di bawah kulit bunda. Tabung tersebut terdapat kandungan hormon progesterone yang akan bekerja untuk mencegah kehamilan. Caranya yaitu dengan mengeluarkan hormonnya ke darah.

Progesterone akhirnya akan menghentikan proses ovulasi dengan membuat cairan kental dalam mulut rahim. Hal ini bisa membuat KB implan untuk memberhentikan sperma yang akan masuk ke rahim. Well, bunda, KB implant ini mempunyai beberapa kelebihan lho selain apa yang telah kami paparkan di atas. Dengan menggunakan kontrasepsi ini, bunda tidak perlu  meminum obat setiap harinya dan tidak perlu khawatir lupa karena alat kontrasepsi ini dipasang oleh dokter per 3 tahun sekali.

Selain itu, dengan menggunakan sistem KB implan ini, bunda akan lebih merasa aman pada saat bunda menyusui bayi serta pada saat menstruasi. Bunda tidak akan merasa nyeri lho jika menggunakan alat ini terutama pada saat menstruasi.

Akan tetapi, alat ini juga memiliki efek samping yaitu alat ini akan memungkinkan untuk merubah siklus menstruasi. Dengan perubahan pola siklus menstruasi, Anda akan merasa kurang nyaman. Serta, berdasarkan informasi, bunda terkadang akan mengalami sedikit pendarahan terutam pada tahun pertama menggunakan KB ini. Menstruasi juga akan menjadi lebih deras dan lama dibandingkan dengan kondisi normal sebelumnya.

Dengan kelebihan dan kekurangan dari penggunaan alat kontrasepsi yang aman ini, bunda perlu mempertimbangkan kondisi. Beberapa media informasi melansir bahwa agar mendapatkan hasil yang lebih baik, maka Anda perlu pergi ke dokter spesialis untuk berkonsultasi. Hal ini agar keputusan Anda dan pasangan dalam mengambil jenis alat kontrasepsinya akan tepat dan aman bagi kesehatan bunda.

Ringkasan:
  • Alat kontrasepsi KB implant merupakan tabung kecil yang ditempatkan di bawah permukaan kulit
  • KB implant akan mencegah pembuahan oleh sperma sebelum mencapai rahim dengan tepat 
  • Pemasangan alat KB implant biasanya dilakukan dokter dalam kurun waktu 3 tahun
  • Efek samping penggunaan KB implant bisa menyebabkan pendarahan di tahun pertama
  • Efek samping lainnya adalah membuat menstruasi lebih deras dan lama dibandingkan dengan sebelum KB implant
  • Konsultasikan penggunaan alat kontrasepsi ke dokter spesialis terlebih dahulu

Post a Comment for "Pengetahuan Tentang Alat Kontrasepsi Implan atau Susuk"