Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengatasi Gusi Berdarah

Mengatasi Gusi Berdarah
Gusi Berdarah adalah permasalahan penyakit yang ringan namun apabila diabaikan dan dianggap remeh dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius. Untuk itu apabila gusi anda sering berdarah segera obati sehingga tidak menimbulkan komplikasi yang lebih berbahaya. Gusi berdarah biasanya disebabkan karena adanya kesalahan penghapusan plak gigi pada garis gusi, sehingga menyebabkan radang gusi atau gingivitis.

Plak gigi yang tidak dihilangkan secara teratur atau dengan menyikat gigi, akan mengeras dan berkembang menjadi karang gigi. Hal ini merupakan pemicu pendarahan atau bahkan lebih parah lagi menyebabkan penyakit rahang dan gusi yang sering dikenal sebagai periodontitis. Agar anda tetap sehat dibawah ini merupakan beberapa Tips Mengatasi Gusi Berdarah yang bisa anda lakukan:
  1. Hindari tembakau dan merokok, karena hal ini dapat memperburuk gusi berdarah
  2. Hentikan perdarahan gusi dengan memberi tekanan pada gusi dengan menggunakan kain kasa yang sudah direndam air es
  3. Cukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh.
  4. Batasi konsumsi gula termasuk kandungan gula yang ada dalam makanan ringan, soda manis atau makanan olahan lain yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan memperparah pendarahan.
  5. Hindari penggunaan obat pengecer darah seperti aspirin, kecuali dokter merekomendasikan resep kepada anda.
  6. Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C dan makanan yang banyak mengandung kalsium. Kalsium Berfungsi memperbaiki kerusakan gigi yang berkelanjutan karena cedera gusi.
Karang gigi memang yang paling banyak menyebabkan gusi berdarah, namun ada beberapa penyebab lain yang menyebabkan Gusi berdarah yang tentu harus diatasi dengan cara yang berbeda:
  1. Terjadi Infeksi virus, bakteri atau jamur,
  2. Terjadi gangguan pendarahan lain,
  3. Perubahan hormon selama kehamilan,
  4. Gerakan menyikat gigi yang terlalu keras,
  5. Terjadi kelainan Idiopathic thrombocytopenic purpura (ITP), atau merupakan kelainan darah yang kekurangan sel darah merah.
  6. Pemasangan gigi palsu yang tidak tepat,
  7. Terjadi Leukemia,
  8. Flossing yang tidak sesuai,
  9. Kekurangan vitamin K,
  10. Infeksi yang terjadi karena pada gigi dan gusi,
  11. Penggunaan pengencer darah tanpa rekomendasi dokter,
Tips lain menghindari gusi berdarah adalah rutin melakukan pemeriksaan gigi minimal 6 bulan sekali untuk menghilangkan plak. Pilih bulu sikat gigi yang lembut dan bersihkan gigi dengan gerakan yang lembut setelah makan. Hindari penggunaan obat pencuci mulut yang mengandung alkohol karena dapat memperburuk gusi berdarah yang anda alami.

Ringkasan:
  • Gusi berdarah merupakan penyakit ringan namun bisa menimbulkan komplikasi yang serius,
  • Pembersihan gigi secara rutin dapat mengurangi resiko gusi berdarah,

Post a Comment for "Tips Mengatasi Gusi Berdarah"