Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis dan Manfaat Keluarga Berencana (KB)

Program Keluarga Berencana (KB)
Keluarga Berencana adalah program pemerintah indonesia dalam usaha untuk mencapai kesejahteraan masyarakat, dengan cara memberikan nasehat perkawinan dan mengatur jarak kehamilan dalam sebuah keluarga dengan menggunakan alat kontrasepsi. Tujuan KB adalah Mencegah kehamilan karena alasan pribadi, Menjarangkan kehamilan dan Membatasai jumlah anak.

Adapun sasaran KB adalah Ibu yang menderita penyakit bertahun-tahun, Usia ibu yang menderita penyakit menahun, Pasangan usia subur, Riwayat persalinan yang buruk dan wanita yang mengalami keguguran berulang kali,

Hal tersebut diatas dilakukan agar memberikan manfaat bagi ibu untuk: memperbaiki dan meningkatkan kesehatan, mempunyai Waktu yang cukup untuk mengasuh anak dan beristirahat, mampu menikmati waktu luang, dan Dapat melakukan kegiatan seperti bekerja atau menjalankan usaha.

KB tidak hanya bermanfaat bagi orang tua, namun juga bermanfaat untuk anak, yaitu: Anak Dapat tumbuh dengan wajar dan sehat, Memperoleh perhatian, pemeliharaan dan makanan yang cukup dan mendapat Perencanaan kesempatan pendidikan lebih baik.

Program KB dengan mengatur jarak kelahiran bisa dilakukan dengan cara alami (KB Kalender, atau menggunakan alat kontrasepsi seperti: Pil KB, Suntik KB, Spiral / IUD, Susuk KB, kondom, atau bahkan sterilisasi pada wanita atau pria.

Ringkasan:
  • Program Keluarga Berencana (KB) di lakukan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat,
  • KB bisa menggunakan cara alami atau penggunaan alat kontrasepsi pada wanita atau pria.

Post a Comment for "Jenis dan Manfaat Keluarga Berencana (KB)"