Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kehamilan Anak Pertama Pada Wanita Berusia 30 Tahun

Resiko Kehamilan Anak Pertama
Kehamilan Anak Pertama pada usia 30 tahun akan meningkatkan resiko berbahaya untuk janin dan ibu. Kehamilan Berisiko tersebut biasanya akan meningkat hingga 20% dan menimbulkan banyak masalah. Dari Sebuah penelitian di dapatkan hasil, wanita yang menunda untuk mempunyai anak hingga usia 30, sebenarnya memasuki zona kehamilan berisiko. Sehingga harus dilakukan Perawatan Ibu Hamil yang lebih intensif.

Salah satu Risiko yang sering terjadi adalah bayi lahir prematur hingga meningkat 20% pada wanita berusia 30-34 tahun, dibandingkan wanita yang hamil sebelum berusia 30 tahun. Tidak hanya kelahiran prematur, namun kehamilan di atas usia 30 juga meningkatkan risiko infertilitas. Dan resiko tersebut akan lebih meningkat pada wanita perokok dan obesitas, atau bahkan kombinasi dari keduanya.

Penelitian Kehamilan Berisiko pada Ibu Berusia 30 Tahun

Para peneliti dari Karolinska Institute di Stockholm dan University of Bergen melakukan penelitian menggunakan data satu juta ibu yang pertama kali hamil di Swedia dan Norwegia. Mereka membandingkan kehamilan ibu berusia 30 tahun dengan ibu hamil berusia 25-29 tahun.

Dan diketahui, satu dari lima wanita hamil anak pertama di usia 30-an memiliki risiko melahirkan bayi prematur pada usia kehamilan 22-31 minggu. Hal tersebut tentu meningkatkan terganggunya perkembangan janin, bahkan kematian pada janin.
Penelitian ini juga menemukan, bahwa kebiasaan merokok Ibu Hamil dan kondisi kelebihan berat badan juga meningkatkan risiko kelahiran prematur, bayi meninggal setelah dilahirkan, dan kematian janin saat masih di dalam kandungan. Dan Secara biologis, wanita usia 20-30 adalah yang terbaik untuk hamil dan melahirkan anak pertama.

Hal ini juga menjadi pertimbangan untuk wanita yang menginginkan lebih dari satu anak. Karena faktor usia juga menentukan kondisi rahim dan plasenta, yang berhubungan dengan risiko komplikasi pada kehamilan dan persalinan.

Ringkasan:
  • Kehamilan Anak Pertama di usia 30 tahun meningkatkan resiko kelahiran prematur, dan gangguan pada janin di dalam kandungan.
  • Kehamilan Berisiko pada wanita usia 30 tahun adalah kelahiran belum cukup bulan, bayi meninggal setelah dilahirkan, dan janin meninggal di dalam kandungan.

Post a Comment for "Kehamilan Anak Pertama Pada Wanita Berusia 30 Tahun"