Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Mata Belekan atau Mata Berair Pada Bayi

Gambar Mata Belekan pada bayi
Mata Belekan pada bayi ditandai dengan mata berair dan banyak mengeluarkan kotoran pada mata. Hal ini biasanya akan membuat Bayi sulit membuka matanya saat bangun tidur, karena air dan kotoran akan merekatkan selaput mata bawah dan atas pada bayi. Kadang bayi akan merasa gelisah, karena rasa tidak nyaman pada mata.

Penyebab Belekan pada Bayi, adalah Infeksi jalan lahir saat proses persalinan, dan terjadi sumbatan pada saluran air mata bayi. Apabila penyebab belekan karena infeksi jalan lahir, Dokter memberikan obat yang sesuai dengan penyebab infeksi. Sedangkan sumbatan pada sir mata, akan menghambat aliran air mata bayi ke rongga hidung. Hal tersebut menyebabkan  mata bayi terus berair, sehingga mengundang kuman penyebab infeksi.

Tindakan untuk Bayi Belekan

Apabila saat ini bayi Anda mengalami belekan / mata berair terus, lakukanlah tindakan-tindakan berikut:
  • Apabila Belekan masih normal, dengan artian belek pada mata bayi hanya sedikit di pagi hari dan tidak sampai membuat mata bayi lengket. Maka Anda cukup membersihkan matanya menggunakan kapas dan air hangat, dengan arah bagian dalam ke arah luar mata.
  • Apabila belek pada bayi cukup banyak, sehingga menyebabkan matanya lengket. Coba kompres mata bayi dengan kapas yang dicelupkan ke air hangat. Hal ini akan mempermudah anda membersihkan kotoran pada mata bayi.
Apabila dalam waktu tiga hari, belekan atau mata berair pada Bayi tidak juga hilang. Segera bawa ke dokter, untuk dilakukan pemeriksaan. Sebelum pergi ke dokter, perhatikan juga apakah mata bayi merah atau tidak, apabila merah, maka mungkin terjadi infeksi. Infeksi pada mata juga sering menyebabkan penyumbatan pada saluran air mata. Dan untuk membukanya, bisa dengan pemijatan, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Cuci tangan sebelum memijat, dan kuku jari tangan tidak panjang, dan kulit telapak tangan tidak kasar.
  • Pijatan untuk membuka jalur air mata yang tersumbat akibat belek, biasanya dilakukan dengan menggerakkan ibu jari (Apabila Ibu jari Anda terlalu besar, gunakan jari lain) dari pangkal hidung bayi (tepi mata sebelah dalam) ke arah hidung (ke arah bawah), atau dengan gerakan berputar-putar. Lakukan gerakan ini 2 - 3 kali sehari.
  • Kulit maupun otot si kecil masih tipis, sehingga gerakan pemijatan tidak boleh terlalu keras dan menekan. 
Ringkasan:
  • Gejala Mata Belekan pada bayi adalah mata berair dan banyak mengeluarkan kotoran pada mata, sehingga menyebabkan bayi sulit membuka mata,
  • Belekan disertai infeksi ditandai dengan mata merah pada bayi, dan kondisi ini harus segera dilakukan pemeriksaan oleh dokter.

Post a Comment for "Mengatasi Mata Belekan atau Mata Berair Pada Bayi"