Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penderita Pica Suka Mengkonsumsi Benda Aneh

Gambar Penyakit Pica pada Anak
Seseorang yang suka Mengkonsumsi Benda Aneh dan tidak masuk akal seperti pasir, tanah, kapur, lampu, puntung rokok, bulu, bahkan kotoran binatang, dalam dunia medis disebut sebagai penderita Penyakit Pica (penyakit pola makan yang aneh). Penyakit aneh ini sering terjadi pada anak-anak, ibu hamil bahkan orang dewasa. Dan diketahui 10 – 32% anak-anak pada usia 1-6 tahun, menderita penyakit ini. Meski memang usia anak-anak memang sering memasukan benda-benda ke dalam mulutnya, namun anda sebagai orang tua harus waspada jangan sampai hal tersebut menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan.

Ibu hamil, yang sering mengalami penyakit Pica adalah wanita yang mengalami gangguan psikologis. Sedangkan pada orang dewasa penyakit Pica sering menyerang pada pelaku diet, atau orang dewasa dengan gejala ketagihan tekstur tertentu pada mulut, atau orang dewasa yang mempunyai masalah sosial atau ekonomi.

Para ahli menduga, penyebab Penyakit Pica adalah kurangnya zat besi dan anemia dalam tubuh. Dan untuk gejala Penyakit Pica hanya dapat diketahui dengan mengetahui kandungan besi dan seng. Sedangkan untuk menyembuhkan penyakit Pica, dibutuhkan penanganan secara menyeluruh, meliputi pendidikan perilaku makan yang benar, dan pendekatan oleh keluarga. Pemberian hukuman untuk anak penderita Pica juga bisa digunakan untuk mengatasi penderita Pica. Sedangkan untuk Penderita Pica dewasa tentu membutuhkan sosok terapis, psikolog atau psikiater yang mampu membantu mengatasi masalah psikologisnya. Pengobatan Penyakit Pica dengan obat-obatan hanya dilakukan apabila pasien Pica sudah mengalami gangguan atau penyakit mental. Atau terjadi komplikasi seperti; infeksi, masalah pencernaan, malnutrisi dan keracunan.

Penyakit Pica pada Ibu Hamil disebabkan bukan karena masalah hormonal, namun lebih disebabkan karena masalah kebiasan. Penyakit Pica ditandai dengan gejala ingin makan benda tertentu (bukan makanan), sehingga dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan janin di dalam kandungan. Sebagai contoh ibu hamil yang ngidam ingin makan Es Batu, bisa dikatakan dirinya penderita Pica.

Pada usia kehamilan tertentu Penyakit Pica pada Ibu Hamil bisa hilang dengan sendirinya, namun ada juga kasus Pica pada Ibu Hamil yang terjadi selama hamil dan mulai berkurang setelah melahirkan. Kebiasaan Mengkonsumsi Benda Aneh ini bisa terjadi saat hamil dan bisa juga terjadi sebelum hamil, karena faktor kebiasaan, dan berlanjut saat hamil. Beberapa ibu Hamil mengaku, melakukan hal tersebut untuk mengatasi rasa mual akibat hormone kehamilan.

Ringkasan:
  • Penyakit Pica adalah penyakit yang menyebabkan seseorang ingin Mengkonsumsi Benda Aneh (bukan makanan),
  • Banda Aneh yang sering dikonsumsi Penderita Pica adalah pasir, tanah, kapur, lampu, puntung rokok, bulu, bahkan kotoran binatang,
  • Orang yang sering menderita Pica adalah Anak-anak, ibu hamil dan orang dewasa dengan kelainan psikologi.

Post a Comment for "Penderita Pica Suka Mengkonsumsi Benda Aneh"