Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencegah Varises Saat Hamil dengan cara Alami

Mencegah Varises Saat Hamil
Varises atau Pembesaran Vena merupakan alah satu gangguan yang umum pada saat hamil.  Kondisi fisik tersebut tentu akan mengganggu kepercayaan diri wanita, apalagi bagi mereka yang ingin mengabadikan Kehamilannya dengan foto. Namun, selain mengganggu penampilan, varises bisa memicu gangguan Kesehatan  Ibu Hamil yang lebih serius, yaitu penyumbatan vena.

Varises saat hamil disebabkan karena faktor percepatan formasi vena terbesar pada ibu hamil, yang dipengaruhi meningkatnya volume darah dan tekanan yang disebabkan oleh janin yang bertambah besar pada vena cava inferior. Kondisi ini juga memberikan tekanan pada vena di bagian kaki. Vena pada kaki sudah bekerja cukup berat untuk mengembalikan darah pada bagian atas tubuh, dan ditambah lagi, peningkatan hormon progesteron yang memperlebar vena, sehingga memicu terjadinya varises. Resiko varises pada ibu hamil akan semakin meningkat, apabila dinding vena dan katup lemah.

Bagi anda yang tidak ingin mengalami varises saat hamil bisa mencegah dengan cara-cara sebagai berikut:
  • Tidur menghadap kiri, karena vena cava berlokasi pada bagian kanan tubuh, sehingga tidur ke arah kiri menjadi cara terbaik agar aliran darah dapat kembali ke arah kanan tubuh ibu hamil.
  • Olahraga merupakan bertujuan memperbaiki sirkulasi darah di dalam tubuh. Olahraga untuk Ibu Hamil bisa dilakukan Tiga puluh menit atau lebih, dengan model olahraga moderat setiap hari
  • Memposisikan kaki lebih tinggi dari jantung setiap tiga jam bertujuan memperbaiki sirkulasi, dan saat berdiri, pastikan tidak bertumpu hanya dengan satu kaki, dan jangan silangkan kaki saat duduk, agar sirkulasi darah lancar.
  • Menjaga kenaikan berat badan saat hamil agar sesuai dengan angka yang disarankan sesuai dengan indeks massa tubuh sebelum hamil. Hal ini untuk mengurangi beban kaki yang terlalu ekstrem.
  • Hindari konstipasi dengan banyak minum banyak air putih, mengurangi konsumsi garam, dan cukup makan makanan kaya serat agar resiko varises dapat menurun.
  • Menggunakan stoking khusus yang lebih ketat pada bagian pergelangan kaki dan lebih longgar di bagian paha. Hal ini memperlancar sirkulasi darah sehingga mempermudah fungsi vena.
Ringkasan:
  • Varises Saat Hamil saat hamil disebabkan karena peningkatan volume darah dan tekanan berat badan yang menyumbat Vena pada kaki,
  • Mencegah Varises Saat Hamil bisa dilakukan dengan tidur menghadap kiri, olahraga, memposisikan kaki lebih tinggi dari jantung, hindari konstipasi dan menggunakan stoking khusus.

Post a Comment for "Mencegah Varises Saat Hamil dengan cara Alami"