Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Menurunnya Kesuburan Wanita Usia Produktif

Penyebab Kesuburan Wanita Menurun
Menurunnya Kesuburan Wanita tentu akan mempengaruhi dan bisa menjadi masalah besar bagi pasangan yang ingin segera mempunyai momongan. Bahkan meski masalah infertilitas bisa dialami wanita dan pria dalam prosentase yang sama, banyak kasus yang menuduhkan wanita sebagai penyebab sulitnya pasangan mempunyai momongan. Masalah kesuburan memang sangat mengganggu, bahkan bisa mengancam rumah tangga, sehingga bagi anda yang tetap ingin mempunyai keluarga yang bahagia harus senantiasa menjaga kesuburan.

Wanita sulit hamil, biasanya dikarenakan adanya gangguan pada sistem reproduksi wanita, atau sang pria pria mengalami akibat penurunan kualitas dan kuantitas sperma. Apabila ada pasangan yang lebih dari 2 tahun menikah, namun belum juga mendapatkan kehamilan (mereka tidak menggunakan alat kontrasepsi apapun), maka bisa dikatakan pasangan tersebut mengalami masalah kesuburan cukup serius dan harus segera dikonsultasikan ke dokter.

Mengingat banyaknya tuduhan infertilitas mengarah kepada wanita, maka kami informasikan kepada pera pembaca, beberapa faktor yang menjadi Penyebab Menurunnya Kesuburan Wanita sehingga sulit hamil, yang diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Gaya hidup tidak sehat (wanita perokok, peminum alkhohol, dan pecandu obat-obatan terlarang).
  • Berat Badan Tubuh tidak Ideal (terlalu gemuk atau terlau kurus). Tubuh memerlukan 7% lemak di awal siklus menstruasi dan 22% di sepanjang siklus menstruasi, yang berguna untuk memproduksi hormon estrogen. Sehingga apabila jumlah lemak tidak cukup, maka peluang Wanita akan sulit hamil.
  • Stress diindikasi juga menjadi salah satu penyebab utama Menurunnya Kesuburan Wanita Usia Produktif. Hal ini dikarenakan kondisi jiwa yang terguncang atau tidak rileks menyebabkan terjadinya gangguan ovulasi.
  • Adanya Penyakit atau kelainan pada organ reproduksi wanita (miom, endometriosis, infeksi, kelainan hormon, kelainan lendir leher rahim, kelainan mulut rahim, dan terjadi sumbatan pada saluran telur). Untuk mengatasi masalah kesuburan yang disebabkan adanya penyakit atau kelainan seperti tersebut diatas, maka membutuhkan penanganan medis dan pengobatan oleh dokter kandungan.
Selain 4 faktor Menurunnya Kesuburan Wanita Usia Produktif yang terjadi pada wanita usia produktif tersebut diatas, Faktor usia juga menjadi penyebab menurunnya kesuburan wanita. Dalam hal ini wanita usia 35 tahun ke atas biasanya mempunyai tingkat kesuburan yang rendah karena cadangan sel telur akan terus berkurang, sehingga menjadi salah satu Penyebab Wanita Sulit Hamil. Untuk itu usia ideal wanita untuk menikah untuk dapat mempunyai 2 anak adalah pada usia 23-25 tahun.

Ringkasan:
  • Kesuburan Wanita mempengaruhi seseorang wanita bersuami untuk cepat atau tidaknya mendapat kehamilan,
  • Penyebab Menurunnya Kesuburan Wanita adalah gaya hidup, Berat badan tidak Ideal, Stres dan Penyakit reproduksi.

Post a Comment for "Penyebab Menurunnya Kesuburan Wanita Usia Produktif"