Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mencegah Stres untuk Hidup Sehat

Tips Mencegah Stres
Mencegah Stres bisa sangat sulit dilakukan karena banyaknya tekanan dan tuntutan hidup yang harus segera diselesaikan. Masalah-masalah dalam kehidupan sering sulit sekali dihindari, apalagi dicari jalan keluar dan solusinya. Masalah kehidupan yang paling umum di temui seperti masalah keluarga, percintaan, persahabatan, keuangan dan masalah pekerjaan anda sehari-hari. Dan Stress adalah puncak dari berbagai tekanan beragam masalah tersebut.

Apabila Stress tidak segera diatasi, dapat menimbulkan depresi yang tentu sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh dan jiwa manusia. Beberapa cara sederhana bisa dilakukan untuk Menghindari stress untuk menciptakan hidup lebih sehat, diantaranya adalah:
  1. Masalah pekerjaan bisa dikatakan menjadi pemicu stress yang pertama. Jangan menunda pekerjaan sehingga semakin menumpuk, merupakan salah satu cara mencegah stress paling efektif.
  2. Jangan melaksanakan pekerjaan baru yang dibebankan kepada anda, terutama pada pekerjaan yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan anda dan kondisi anda yang telah terlalu sibuk. Hal ini untuk menghindari kondisi tidak fokus dan terpecahnya konsentrasi anda terhadap pekerjaan yang telah dijalani.
  3. Lakukan aktivitas atau kegiatan-kegiatan (berolahraga, berjalan kaki atau berlari-lari santai). Aktivitas fisik ini selain untuk Kesehatan Tubuh juga mampu membuat anda lebih rileks, menurunkan tekanan darah dan menghasilkan hormon endorfin yang dapat menghilangkan stress.
  4. Berusaha menerima diri sendiri dan segala kondisi yang sedang dialami baik itu terkait dengan nikmat dan cobaan yang diberikan oleh Tuhan YME.
  5. Selalu Berfikir Positif (positive thinking) terhadap segala masalah yang menimpa, dan berusaha merumuskan pelajaran baik yang diterima. Hal ini akan membuat seseorang menjadi pribadi lebih daripada sebelumnya.
  6. Menghibur diri sendiri merupakan salah satu tips efektif Mencegah Stres. Hal ini bisa dilakukan dengan meluangkan waktu suntuk melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti bermain games, mendengarkan musik, menonton film atau kegiatan-kegiatan lain yang anda sukai.
  7. Hindari melakukan banyak pekerjaan dengan waktu bersamaan, dan fokuskan terhadap satu pekerjaan sehingga resiko stress dapat dihindari. Atau dengan kata lain, selesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu, setelah selesai baru berpaling untuk mengerjakan pekerjaan lainnya.
Ringkasan:
  • Stres yang tidak segera diatasi memicu depresi yang tentu tidak baik untuk kesehatan fisik dan jiwa,
  • Mencegah Stres bisa dilakukan dengan bekerja dengan disiplin, berolahraga, menghibur diri dan selalu berfikir positif.

Post a Comment for "Tips Mencegah Stres untuk Hidup Sehat"