Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Kulit agar Awet Muda dan Segar

Cara Merawat Kulit agar Awet Muda
Kulit Awet Muda dan Segar tentu menjadi keinginan setiap orang dan tentu termasuk anda. Namun memang karena faktor usia, kulit akan menjadi lebih kering, kendur, keriput dan berbintik-bintik. Hal ini terutama terjadi pada kulit wajah karena merupakan yang paling tipis sehingga sangat rentan terhadap tanda-tanda penuaan.

Cepat lambatnya proses penuaan kulit tergantung pada gen dan faktor-faktor eksternal seperti radikal bebas. Radikal bebas merupakan senyawa oksigen agresif yang selalu hadir secara alami dalam tubuh, dan berfungsi untuk mengaktifkan kekebalan tubuh. Meski bermanfaat, namun apabila jumlahnya terlalu banyak, maka akan menyerang sel-sel tubuh termasuk sel-sel kulit sehingga menjadi mudah rusak.

Mencegah Radikal Bebas agar tidak Merusak Kulit

Pola hidup sehat dan perawatan kulit yang tepat bisa mencegak pembentukan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan pada kulit. Adapun beberapa hal yang bisa mengurangi proses penuaan kulit dan menjaga kesehatan kulit adalah dengan merawat kulit secara teratur, menghindari paparan sinar matahari di siang hari, melakukan diet seimbang yang bervariasi, mendapat asupan cairan setiap hari, hindari rokok, cukup tidur dan rolahraga teratur.

Merawat Kulit Wajah

Merawat kulit yang umum adalah dengan mencuci wajah, dan cara ini memang  sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit wajah, menjaga pori-pori wajah tidak tersumbat dan mencegah munculnya jerawat atau komedo. Mencuci wajah minimal dilakukan 2 kali sehari, selain itu pastikan saat tidur kulit wajah anda dalam keadaan yang bersih.

Saat tidur, tubuh akan meregenerasi sel kulit, termasuk sel kulit wajah. Proses ini sangat penting karena bisa memperbaiki kerusakan dan mengganti sel kulit yang mati dengan sel kulit yang baru. Proses regenerasi kulit tidak akan berjalan lancar apabila tertutupi oleh debu atau kotoran.

Sinar Ultraviolet Merusak Kulit

Matahari menghasilkan Sinar ultraviolet yang akan membuat kulit menjadi kering dan memiliki garis-garis kerutan halus terutama kulit di dahi, pipi dan sekitar mata. Untuk itu, lindungilah kulit dari bahaya radiasi sinar matahari. Hindari paparan sinar matahari secara langsung terutama pada pukul 11.00 s.d. 15.00. Apabila terpaksa harus bekerja di bawah sengatan sinar matahari, gunakan terlebih dahulu tabir surya minimal 30 menit sebelumnya dan oleskan lagi dua jam setelahnya.

Makanan tepat untuk Kulit Sehat

Kulit sehat bisa didapatkan dengan  mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian setiap hari. Konsumsi Daging, unggas, dan ikan sebenarnya cukup dimakan 2-3 kali seminggu dengan porsi secukupnya. Anda juga harus minum air putih yang cukup atau minimal minimal 2 liter atau 8 gelas air putih per hari.

Paparan Rokok Merusak Kulit

Merokok membuat pucat kulit dalam jangka panjang dan mempercepat penuaan kulit. Rokok akan memperbanyak timbulnya radikal bebas di dalam tubuh sehingga merusak sel-sel tubuh. Nikotin di dalam rokok menyebabkan pembuluh darah sempit sehingga kulit kekurangan pasokan darah dan menerima nutrisi yang lebih sedikit.

Seseorang yang kurang tidur akan membuat kulit tidak dapat pulih sepenuhnya, sehingga kulit menjadi stres dan memburuk. Rata-rata orang tidur 6-7 jam di malam hari sudah cukup untuk memulihkan kondisi tubuh. Merawat Kulit agar Awet Muda dan Segar juga harus didukung dengan melakukan aktifitas fisik atau ulahraga secara rutin. Dengan cara ini, sirkulasi darah di seluruh bagian tubuh termasuk kulit akan baik, sehingga sel-sel kulit akan mendapatkan nutrisi yang cukup. Olahraga juga akan melatih otot akan mengencangkan kulit di atasnya.

Ringkasan:
  • Faktor usia akan membuat kulit menjadi lebih kering, kendur, keriput dan berbintik-bintik,
  • Rutin mencuci wajah akan menghindarkan dari munculnya jerawat atau komedo,
  • Cara Merawat Kulit agar Awet Muda dan Segar bisa dengan mengkonsumsi sayuran dan buah serta berolahraga rutin.

Post a Comment for "Cara Merawat Kulit agar Awet Muda dan Segar"