Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Ginseng sebagai Obat Tradisional

Manfaat Ginseng sebagai Obat Tradisional
Manfaat Ginseng sebagai obat tradisional memang telah digunakan sejak jaman dahulu. Akar dari tanaman ginseng dipercaya dapat mengatasi beragam masalah kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah tinggi dan menaikkan tekanan darah rendah hingga tekanan darah menjadi stabil. Di china Ginseng dimanfaatkan dalam pembuatan teh herbal, sedangkan di Indonesia, ginseng digunakan untuk pengobatan tradisional.

Ginseng banyak mengandung bioaktif seperti, mineral, phytosterols, saponins, peptides, polysaccharides, asam lemak, vitamin dan polyacetylenes. Adapun beberapa Manfaat Ginseng untuk kesehatan, adalah sebagai berikut:
  1. Mengurangi stres mental, karena Ginseng mampu meningkatkan kewaspadaan mental, mengubah mood, antidepresan, anti-kecemasan dan menghilangkan rasa lelah, Dengan sistem kerja menyeimbangkan tingkat adrenalin pada tubuh manusia.
  2. Sifat Adaptogenik pada Ginseng mampu meningkatkan sistem imun, meningkatkan kualitas hidup, menjaga awet, memulihkan sel-sel yang rusak dalam tubuh, dan membantu melawan flu dan penyakit infeksi lain.
  3. Ginseng juga dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah secara cepat. Sehingga dalam penggunaannya sebaiknya tidak bersamaan dengan obat diabetes, karena dikhawatirkan penurunannya dapat terlalu rendah, dan tentu harus disesuaikan dengan petunjuk dokter.
  4. Ginseng juga dapat digunakan sebagai penghambat pertumbuhan kanker, anti-tumor, menginduksi kerusakan sel pada kanker prostat, sel paru-paru adenokarsinoma, sel kanker ovarium, dan sel-sel neuroblastoma
  5. Ginsenocides yang terdapat pada ginseng dipercaya oleh para peneliti mampu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) pada tubuh.
  6. Adaptogenik dari berbagai strain Ginseng, dapat memberikan perubahan fisiologis pada tubuh untuk mengurangi rasa lelah. Hal ini banyak digunakan para atlet untuk meningkatkan dan menjaga stamina agar kualitasnya tetap konsisten.
Meski Manfaat Ginseng sebagai Obat Tradisional cukup banyak, namun ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari konsumsi ginseng agar tidak terjadi kontraindikasi. Ginseng juga dapat mempengaruhi reaksi dari  obat pengencer darah seperti warfarin, aspirin, heparin, dan diuretik.

Sehingga konsumsi ginseng, tidak dianjurkan apabila anda sedang mengkonsumsi obat untuk hipertensi atau penyakit kardiovaskular lainnya.

Ringkasan:
  • Manfaat Ginseng yang paling utama adalah menstabilakan tekanan darah dan gula darah agar tetap normal, menjaga daya tahan tubuh, dan meningkatkan kesehatan,
  • Ginseng dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui atau dikonsumsi bersamaan dengan bat hipertensi,

Post a Comment for "Manfaat Ginseng sebagai Obat Tradisional"