Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencatat Tanggal Haid Penting Dilakukan

Tips Mencatat Tanggal Haid
Mencatat Tanggal Haid memang sering tidak dilakukan oleh sebagian besar wanita. Hal ini bisa dibuktikan, dengan pertanyaan apakah anda sendiri telah mencatat Tanggal Haid setiap bulan? Hal ini penting dilakukan, sebagai upaya apabila saat pemeriksaan (kehamilan, promil atau ada gangguan pada organ reproduksi), maka anda akan tepat menjawab pertanyaan dokter. Banyak kasus yang akhirnya para wanita menjawab pertanyaan dokter tersebut secara asal, sehingga hasil pemeriksaan tidak akan maksimal.

Mencatat Tanggal Haid penting dilakukan untuk mengamati kondisi kesehatan reproduksi. Meski memang salah satu tanda kehamilan adalah tidak mendapatkannya seorang wanita siklus menstruasi, namun apabila seseorang tidak menstruasi belum tentu hamil, karena bisa saja dia hanya mengalami telat haid. Dan Menandai siklus menstruasi tidak hanya untuk pemeriksaan kehamilan atau promil saja.

Telat Haid bisa disebabkan oleh penggunaan obat hormonal kontrasepsi, tekanan emosional, menyusui, perubahan adaptasi kondisi lingkungan tinggal atau pekerjaan, gangguan organ reproduksi, atau kondisi penyakit dan masih banyak faktor lain.

Adapun waktu tepat memulai mencatat tanggal menstruasi adalah mulai saat ini juga. Adapun manfaat mencatat tanggal menstruasi, adalah dapat memberikan jawaban tepat saat berkunjung konsultasi pada dokter kandungan dan bidan, apabila ada indikisi kehamilan atau adanya gangguan sistem reproduksi. Selain itu Mencatat Tanggal Haid, juga bermanfaat untuk:
  1. Mengetahui perkiraan usia kehamilan sebelum dilakukan Pemeriksaan USG,
  2. Mengetahui adanya gangguan siklus menstruasi lebih cepat,
  3. Mengetahui masa subur bagi pasangan yang sedang Program Kehamilan (Promil),
  4. Mengetahui Masa Tidak Subur Wanita bagi pelaku KB Alami,
  5. Membantu wanita mengetahui siklus tubuh terutama sistem reproduksi sejak usia remaja hingga menopause.
Seorang wanita yang mengalami siklus menstruasi tidak teratur tidak berarti mengalami penyakit tertentu. Penyebab Telad Haid banyak faktor, apabila siklus menstruasi tidak teratur terjadi pada remaja, hal ini tidak mendapat menstruasi yang teratur (terutama pada 3 tahun pertama setelah haid pertama). Siklus Menstruasi tidak teratur pada wanita dewasa juga bisa disebabkan karena penggunaan kontrasepsi hormonal , dan wanita yang memasuki masa menopause.

Apabila saat menstruasi hanya terjadi flek-flek saja, maka berikan tanda dengan warna yang berbeda. Sebagai contoh, apabila haid normal dengan lingkaran warna merah, sedangkan apabila hanya flek saja tandai dengan lingkaran warna coklat. Sehingga saat anda melakukan pemeriksaan anda telah mempunyai catatan yang lengkap.

Ringkasan:
  • Mencatat Tanggal Haid bermanfaat untuk mengetahui usia kehamilan, gangguan siklus haid, masa subur dan gangguan reproduksi,
  • Siklus Menstruasi tidak teratur disebabkan oleh KB, Wanita pramonopause, dan adanya gangguan kesehatan organ reproduksi,

Post a Comment for "Mencatat Tanggal Haid Penting Dilakukan"