Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Stimulasi Agar Anak Cepat Bicara

Tips Stimulasi Agar Anak Cepat Bicara
Stimulasi Agar Anak Cepat Bicara yang paling mudah adalah dengan banyak-banyak mengajak buah hati anda bicara. Hal ini bisa dimulai sedini mungkin, meski sepertinya belum mereka mengerti apa yang anda ucapkan, namun kata-kata yang anda ucapkan akan diingatnya dan suatu saat akan diekspresikan saat ia belajar bicara.

Anda sebagai orangtua, juga harus berhati-hati saat memilih kata di depan buah hati. Karena mereka sangat mudah menyerap dan mengingat, jangan mengucapkan kata-kata kotor atau bahkan umpatan. Anda harus selalu mengingat bahwa apa yang dikatakan oleh orang yang lebih dewasa, saat anak bicara.

Agar lebih mudah dimengerti, ajak buah hati anda ngobrol dalam suasana yang menyenangkan. Sebagai contoh, ketika bicara tentang hujan, anda memperbolehkan anak menadahkan tangannya untuk menampung air hujan, sambil bercerita saat hujan seluruh tanaman akan basah dan akspresikan keindahan lain mengenai hujan. Anda juga bisa sambil menyanyikan lagu-lagu tentang hujan (judul tik-tik bunyi hujan dll). Dengan begitu, memori kata-kata anak semakin banyak dan kemampuan bicaranya semakin terasah.

Ketika anda bicara usahakan buah hati anda memang sedang menaruh perhatian, atau menatap gerakan bibir anda. Pastikan juga matanya sedang melihat ke arah kita, ke benda yang kita tunjukkan atau ke arah lain. Apabila andak anda terlihat memperhatikan sesuatu, berikan penjelasan ringan mengenai benda yang sedang diperhatikannya tersebut.

Stimulasi lanjutan Agar Anak Cepat Bicara adalah dengan memberikan makanan padat sesuai usia anak dengan tujuan untuk merangsang otot bicaranya. Dan yang paling penting adalah kesabaran anda anda untuk terus mengajaknya bicara.

Apabila usia buah hati anda lebih dari 18 bulan, namun belum mampu mengucapkan kata pertama sama sekali, maka segera konsultasikan kepada dokter spesialis. Hal ini dikarenakan, bayi id usia tersebut seharusnya telah mampu mengeluarkan bunyi “da… da”, “ba… ba”, “pa…pa”, “ma… ma” dan sudah mengerti nama-nama anggota tubuh utama, seperti tangan, kaki, kepala. Apabila hal tersebut terjadi pada buah hati anda bisa jadi dia memiliki keterlambatan bicara, sehingga harus segera ditangani ahli.

Ringkasan:
  • Stimulasi Agar Anak Cepat Bicara bisa dilakukan sedini mungkin dengan cara mudah dan menyenangkan,
  • Cara mudah Menstimulasi anak agar cepat bicara adalah dengan sering mengajak bicara dan memberikan makanan padat sesuai usia,
  • Hindari berkata-kata kotor atau bahkan umpatan saat berbicara didepan anak agar tidak ditirukan.

Post a Comment for "Tips Stimulasi Agar Anak Cepat Bicara"