Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik
Manfaat Yoga lebih diketahui oleh masyarakat sebagai menejemen kesehatan mental. Namun sebenarnya tidak hanya itu, ternyata yoga juga banyak memberikan manfaat untuk kesehatan fisik seseorang. Hal ini dibuktikan dan membuat banyak orang menekuni yoga agar mendapatkan manfaat kesehatan pada darinya.

Adapun manfaat yoga untuk kesehatan fisik yang dapat diperoleh dengan melakukan yoga secara teratur adalah sebagai berikut:
  1. Fleksibilitas, karena gerakan-gerakan yoga dapat membantu meregangkan dan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Dan diketahui seiring waktu, dengan melakukan gerakan yoga secara teratur dapat meningkatkan kelenturan paha belakang, bahu, punggung, dan pinggul.
  2. Kekuatan, dengan alasan banyak gerakan atau pose yoga yang mengharuskan Anda untuk mendukung berat tubuh sendiri, termasuk mendukung tubuh dengan tangan (seperti dalam pose Downward Facing Dog) atau saat anda menyeimbangkan tubuh pada satu kaki (seperti dalam Tree Pose). Beberapa gerakan yoga juga mengharuskan Anda untuk berpindah dari satu pose ke pose yang lain yang dapat meningkatkan kekuatan.
  3. Mengembangkan otot, karena selain melatih kekuatan tubuh, pose atau gerakan yoga juga dapat meningkatkan massa otot. Sehingga dengan yoga, otot-otot tubuh akan semakin kencang.
  4. Mencegah nyeri punggung, karena pose yoga dapat meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh sehingga dapat mengurangi resiko sakit punggung. Hal ini sangat membantu banyak orang yang menderita sakit punggung karena menghabiskan lebih banyak waktu duduk di depan komputer atau mengemudi mobil. Pose atau gerakan Yoga dapat melemaskan kembali tulang dan otot yang kaku karena terlalu banyak duduk sehingga mencegah nyeri punggung.
  5. Memperlancar pernapasan, karena pada umumnya orang akan bernapas dengan tarikan dan hembusan napas yang pendek-pendek. Dan pada latihan pernapasan Yoga, yang disebut Pranayama, akan memberi perhatian pada nafas dan mengajarkan bagaimana anda dapat menggunakan paru-paru secera maksimal. Latihan pernapasan pada yoga juga dapat membantu membersihkan saluran hidung dan bahkan menenangkan sistem saraf pusat sehingga dapat meningkatkan kesehatan.
Setelah mengetahui mengenai yoga seperti diatas,  semoga mampu memberikan semangat tambahan untuk anda agar yoga yang anda lakukan lebih rutin dilakukan. Yoga juga sangat baik dilakukan oleh ibu hamil, karena beberapa pose yoga bisa dimasukan dalam gerakan senam hamil yang tentu akan memberikan efek kesehatan untuk ibu hamil.

Ringkasan:
  • Banyak orang yang lebih mengetahui manfaat yoga untuk memanajemen kesehatan mental,
  • Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik adalah Fleksibilitas, Kekuatan, Mengembangkan otot, Mencegah nyeri punggung, Memperlancar Pernapasan.
Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik"